Apa yang dimaksud dengan delik berlanjut?


Menurut Van Hamel, delik adalah suatu serangan atau suatu ancaman terhadap hak-hak orang lain.

Delik berlanjut yaitu delik yang terdiri atas melangsungkan atau membiarkan suatu keadaan yang terlarang, walaupun keadaan itu pada mulanya ditimbulkan untuk sekali perbuatan. Contohnya, terdapat dalam:

  1. pasal 221 ayat 1 yang berbunyi : Diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat rihu lima ratus rupiah:
  • barang siapa dengan sengaja menyembunyikan orang yang melakukan kejahatan atau yang dituntut karena kejahatan, atau barang siapa memberi pertolongan kepadanya untuk menghindari penyidikan atau penahanan oleh penjahat kehakiman atau kepolisian, atau oleh orang lain yang menurut ketentuan undang-undang terus-menerus atau untuk sementara waktu diserahi menjalankan jabatan kepolisian;

  • barang siapa setelah dilakukan suatu kejahatan dan dengan maksud untuk menutupinya, atau untuk menghalang-halangi atau mempersukar penyidikan atau penuntutannya, menghancurkan, menghilangkan, menyembunyikan benda-benda terhadap mana atau dengan mana kejahatan dilakukan atau bekas-bekas kejahatan lainnya, atau menariknya dari pemeriksaan yang dilakukan oleh pejabat kehakiman atau kepolisian maupun olsh orang lain, yang menurut ketentuan undang-undang terus- menerus atau untuk sementara waktu diserahi menjalankan jabatan kepolisian.

Contoh kasus : Si A telah melakukan pembantaian di suatu desa dan telah menjadi buronan polisi dan kemudian kabur dan bersembunyi di rumah Si B. Polisi datang ke rumah Si B untuk mencari Si A, namun Si B merahasiakan keberadaan Si A di rumahnya, sampai akhirnya polisi melakukan penggeledahan dan menemukan Si A bersembunyi di dalam rumah Si B.

  1. pasal 333 ayat 1 berbunyi: Barang siapa dengan sengaja dan melawan hukum merampas kemerdekaan seseorang, atau meneruskan perarnpasan kemerdekaan yang demikian, diancam dengan pidana penjara paling lama delapan tahun. Contoh kasus : Si A menjadikan Si B sebagai budaknya.