Apa yang dimaksud dengan Data Scientist?


(Made Tri Ganesha) #1

Data scientist merupakan profesi yang secara umum berarti pengambilan wawasan atau pengetahuan dari jumlah data yang sangat besar, baik yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur. Profesi ini menarik karena dengan profesi data scientist sebuah perusahaan mampu menentukan keputusan-keputusan yang akan diambil. Keputusan yang akan diambil dengan bantuan data scientist akan sangat membantu karena data-data yang digunakan merupakan fakta. Jadi sangat penting mengambil sebuah keputusan berdasarkan fakta yang ada. Dengan data kita juga bisa memecahkan suatu masalah dengan benar dan tepat sasaran.

Data scientist merupakan satu bidang ilmu atau profesi yang dalam beberapa tahun belakangan ini mulai menjadi perhatian karena peranannya yang vital. Jika terdapat kesenjangan antara teknologi Informasi, bisnis dan data, maka data scientist akan menjadi penghubung dan menjembatani ketiga aspek tersebut. Selain itu, sebuah riset yang dilakukan oleh McKinsey & Company menunjukkan bahwa pada tahun 2018, akan terdapat 140.000 sampai 190.000 lowongan pekerjaan data scientist yang belum terisi. Menurut Indeed.com, situs search engine untuk lowongan pekerjaan terbesar di dunia, melaporkan terdapat peningkatan sebesar 57% di kuartal pertama 2015 untuk jumlah lowongan pekerjaan sebagai data scientist, dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun sebelumnya.

Untuk menjadi seorang data scientist yang menghubungkan antara aspek teknologi informasi, bisnis, dan data yang mengolah suatu data agar mampu menjadi tumpuan dalam pemecahan masalah atau pengambilan keputusan dibutuhkan kemampuan dalam mengolah, mengeksplor, menguak, menginvestigasi, dan memvisualisasikan data. Data scientist juga harus mampu menguraikan hasil analisa dan mengkomunikasikannya kepada para pengambil keputusan tentang bagaimana hasil analisa yang diperoleh dapat diaplikasikan pada berbagai area bisnis.

Dalam perjalanan menjadi seorang data scientist yang berkualitas dibutuhkan sebuah kerja keras. Ilmu yang dibutuhkan dalam tahapan mengusai profesi ini adalah sangat beragam guna untuk memenuhi kualifikasi utama seorang data scientist yaitu kemampuan dalam mengolah, mengeksplor, menguak, menginvestigasi, dan memvisualisasikan data. Untungnya di Indonesia tumbuhnya profesi data scientist ini pun bukan sekedar angan-angan.