© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan data Cross Section?

data cross section

Cross-sectional data atau cross section (dari sebuah populasi penelitian ) dalam statistik dan ekonometri adalah jenis satu dimensi kumpulan data.

Cross-sectional data mengacu pada data yang dikumpulkan dengan mengamati banyak hal (seperti perorangan, perusahaan atau negara / wilayah) pada titik waktu yang sama, atau tanpa memperhatikan perbedaan waktu.

Analisis data cross-sectional biasanya terdiri dari membandingkan perbedaan antara subyek.

Sebagai contoh, kita ingin mengukur tingkat obesitas saat ini dalam suatu populasi. Kita bisa mengambil sampel dari 1.000 orang secara acak dari populasi (juga dikenal sebagai penampang populasi), mengukur berat badan dan tinggi, dan menghitung berapa persen dari sampel yang dikategorikan sebagai obesitas.

Misalnya, 30% dari sampel kami dikategorikan sebagai obesitas. Sampel cross-sectional memberikan kita gambaran penduduk yang ada pada satu titik waktu. Kita tidak akan tahu, apabila didasarkan pada satu sampel cross-sectional, jika obesitas meningkat atau menurun, kita hanya dapat menjelaskan proporsi saat ini.

Data Cross Section berbeda dari time series data (data longitudinal ), yang mengikuti subjek berubah selama kurun waktu tertentu. Varian lain, data panel atau time-series cross-sectional (TSC) , menggabungkan keduanya dan melihat beberapa pelajaran dan bagaimana mereka berubah selama perjalanan waktu.

Apa yang dimaksud dengan data cross section secara lebih rinci ?

Data Silang (cross section) adalah data yang terdiri dari satu objek namun memerlukan sub objek lainnya yang berkaitan atau yang berada di dalam objek induk tersebut pada suatu waktu (satu waktu saja, tidak seperti data time series yang terdiri dari beberapa periode waktu),

Misalnya data penjualan perusahaan pada bulan Januari 2014, terdiri dari data penjualan bersih dan data penjualan kotor pada bulan Januari 2014.