Apa yang dimaksud dengan Data Analysis dalam teknik Perform Quantitative Risk Analysis?

Salah satu teknik pengerjaan Perform Quantitative Risk Analysis ialah Data Analysis. Apa yang dimaksud dengan Data Analysis?

Menurut Buku The Project Management Body of Knowledge yang saya baca, Analisis data atau Data Analysis merupakan salah satu teknik untuk menganalisis risiko kuantitatif.

Analisis data digunakan selama proses:

  • Simulasi
    1
    Analisis data digunakan selama proses simulasi ialah mensimulasikan efek gabungan dari risiko proyek individu dan sumber ketidakpastian lainnya untuk mengevaluasi dampak yang berpotensial dalam mencapai tujuan proyek. Simulasi biasanya dilakukan menggunakan analisis Monte Carlo. Ketika menjalankan analisis Monte Carlo untuk risiko biaya, simulasi menggunakan perkiraan biaya proyek. Ketika menjalankan analisis Monte Calon untuk jadwal risiko, menggunakan 2 input-an (diagram jaringan jadwal dan perkiraan durasi) dan mengintegrasikannya. Outputnya adalah model analisis risiko kuantitatif. Komputer digunakan untuk mengulang model analisis risiko kuantitatif ribuan kali. Nilai input (perkiraan biaya, durasi atau kemunculan cabang yang berpeluang) dipilih secara acak untuk setiap iterasi. Output mewakili kisaran hasil yang mungkin akan terjadi di proyek (tanggal akhir proyek, biaya proyek saat penyelesaian). Outputnya juga berupa histogram yang menampilkan jumlah iterasi dari hasil tertentu dalam simulasi atau probabilitas distribusi kumulatif (Kurva -S) yang mewakili probabilitas pencapaian hasil tertentu.

  • Sensitivity Analysis (Analisis kepekaan)
    2
    Analisis kepekaan membantu untuk menentukan risiko proyek tersebut atau sumber ketidakpastian lain yang memiliki dampak yang paling berpotensi terhadap hasil proyek. Ini menghubungkan variasi dalam hasil proyek dengan variasi dalam elemen model analisis risiko kuantitatif. Ciri khas dari analisis ini ialah Diagram Tornado, yang menyajikan koefisien yang berkorelasi dan dihitung untuk setiap elemen dari model analisis risiko kuantitatif yang dapat mempengaruhi hasil proyek. Diagram Tornado mencakup risiko proyek tersebut, kegiatan proyek dengan derajat variabilitas tinggi, atau sumber khusus yang ambiguitas. Item diurutkan berdasarkan kekuatan korelasi.

  • Analisis pohon keputusan (Decision tree analysis)
    3
    Pohon keputusan digunakan untuk mendukung pemilihan terbaik dari beberapa aksi yang memiliki beberapa alternatif. Jalur alternatif melalui proyek ditunjukkan dalam pohon keputusan menggunakan cabang yang mewakili keputusan atau kejadian yang berbeda, yang masing-masing dapat memiliki biaya terkait dan risiko proyek itu sendiri (ancaman dan peluang). Titik akhir cabang di pohon keputusan mewakili hasil dari jalur tertentu, yang dapat menjadi negatif atau positif. Pohon keputusan dievaluasi dengan menghitung nilai moneter yang diharapkan dari setiap cabang dan memilih jalur optimal.

  • Diagram influence
    Diagram influence adalah alat bantu grafis untuk mengambil keputusan dalam ketidakpastian. Diagram influence adalah situasi dalam proyek sebagai seperangkat entitas, hasil, dan pengaruh, yang bersamaan memiliki hubungan dan efek diantara mereka. Elemen dalam diagram influence tidak pasti sebagai akibat adanya risiko dari proyek tersebut atau sumber ketidakpastian lainnya. Ini dapat diwakili dalam diagram influence dengan menggunakan rentang atau probabilitas distribusi. Diagram influence kemudian dievaluasi menggunakan teknik simulasi (Monte Carlo), untuk menunjukkan elemen mana yang memiliki pengaruh terbesar terhadap proyek. Output diagram influence hampir mirip dengan metode analisis risiko kuantitatif lainnya (include Kurva S dan diagram tornado).

Sumber PMBOK Edisi 6