Apa yang dimaksud dengan dark tourism? dan apa saja bentuk dari dark tourism?


(yulya) #1

Dark tourism disebut-sebut sebagai salah satu bentuk alternatif wisata. Namun, apa yang dimaksud dark tourism?


(hanaaa) #2

Suatu fenomena mengenai aktivitas wisata berkunjung ke tempat atau daerah yang mempunyai sejarah kelam seperti bekas tempat peperangan, pembunuhan, atau peristiwa tragis lainnya disebut dengan “Dark Tourism” menurut Foley dan Lennon (1996). Sedangkan menurut Zhou dan Fan (2008), “Dark Tourism” adalah kegiatan berwisata ke tempat kematian, bencana, penderitaan, terorisme atau tragedi serius yang pernah terjadi di suatu tempat. Berikut merupakan bentuk-bentuk “Dark Tourism” menurut Stone (2006) :

  1. Dark Fun Factories
    Yaitu jenis wisata “Dark Tourism” yang memfokuskan kegiatan wisata pada tempat dimana peristiwa mengerikan terjadi, baik peristiwa secara fiksi maupun non-fiksi dengan daya tarik etnis komersial. Seperti benteng abad pertengahan di Romania yang menjadi daya tarik wisata karena merupakan latar tempat dari kisah dongeng “Dracula”.
  2. Dark Exhibitions
    Menawarkan jenis wisata berupa produk yang berkaitan dengan kematian melalui peringatan atau pendidikan. Sebagai contoh “Body Worlds” exhibition, yang memamerkan mayat yang diawetkan melalui teknik plastinasi dengan tujuan pendidikan kesehatan, anatomi dan psikologi.
  3. Dark Dungeos
    Menyajikan sejarah kelam masa lalu untuk tujuan pendidikan dan hiburan. Misalnya Galeri Keadilan di Nottingham yang dulunya merupakan bekas penjara dan pengadilan.
  4. Dark Resting Places
    Wisata ini berupa penjelajahan situs pemakaman dan berkisar seputar sejarah-sentris, conservational dan commemorative ethic. Seperti pemakaman Pere-Lachaise di Paris yang merupakan situs “dark resting places” paling terkenal.
  5. Dark Shrines
    Jenis wisata ini berupa tempat wisata atau situs-situs yang dibangun sebagai bentuk penghormatan dan bentuk pengingat kepada orang yang telah meninggal. Sebagai contoh Gerbang Kensington Palace yang dibangun untuk menghormati kematian Lady Diana, Princess of Wales yang dibunuh pada tahun 1997.
  6. Dark Conflict Sites
    Merupakan tempat wisata yang berfokus pada pendidikan dan peringatan yang berhubungan dengan sejarah perang.
  7. Dark Camps of Genocide
    Situs wisata ini merupakan tempat yang memiliki sejarah paling kelam. Tempat wisata jenis ini berupa tempat yang memiliki sejarah pembantaian kejam, genosida maupun bekas bencana alam.