Apa yang dimaksud dengan Cost Management Plan dalam Quantitative Risk Analysis?

Rencana Manajemen Biaya adalah komponen dari manajemen proyek, yang akan membahas tentang berapa dana yang dibutuhkan dalam sebuah proyek.

image

Cost Management Plan sangat penting untuk keberhasilan sebuah proyek. Hal ini merupakan bagian utama dari setiap proyek, yaitu rencana manajemen biaya. Cost Management Plan adalah dokumen yang akan menguraikan kriteria dan kegiatan yang harus dilakukan sebgai bagian dari manajemen proyek. Cost Management Plan menyediakan perkiraan masukan biaya, jumlah uang uang dibelanjakan, dan perkiraan biaya yang dikeluarkan, yang merupakan jumlah uang yang akan diterima. Dalam penyediaan perencanaan dan struktur yang diperlukan untuk mengendalikan biaya proyek, menjaga agar tetap batasan anggaran biaya. Sifat yang tepat dari Cost Management Plan sangat mungkin bisa formal dan tepat atau ditulis sangat santai. Beberapa dapat sangat rinci sementara yang lain mengambil aspek yang lebih luas yang terlihat lebih pada gambaran besar. Manajemen proyek yang lebih berpengalaman akan membutuhkan lebih sedikit rencana manajemen biaya yang terdefinisi dengan jelas, meskipun masih perlu ditinjau ulang dan mengikutinya ke surat. Sifat yang tepat dari rencana manajemen biaya tergantung pada minat dan kebutuhan para pemangku kepentingan proyek.

Perkiraan Biaya adalah proses mengembangkan perkiraan biaya sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan kegiatan proyek. Perkiraan biaya adalah bagian dari Manajemen Biaya Proyek yang termasuk proses yang terlibat dalam perencanaan, memperkirakan, penganggaran, dan mengendalikan biaya sehingga proyek dapat diselesaikan dalam anggaran yang disetujui. Dengan membandingkan Perkiraan Biaya dan Penganggaran Biaya, kita dapat melihat bahwa perkiraan biaya mengestimasi biaya setiap kegiatan. Estimasi biaya dilaksanakan pada tingkat daftar kegiatan. Anggaran biaya agregat dan dijalankan setidaknya pada tingkat paket pekerjaan jika tidak pada tingkat akun kontrol.

sumber:
https://project-management-knowledge.com/definitions/c/cost-management-plan/
http://www.mypmps.net/en/mypmps/knowledgeareas/cost/cost-estimating.html