Apa yang dimaksud dengan Cost/Benefit Analysis dalam Quality Plan Management ?

manajemen_risiko
perencanaan_manajemen_risiko

(Achmad Muchsinul Huda) #1

Dalam Plan Quality Management, ada salah satu tools dan technique dalam menganalysis/memproses input dari sebuah plan quality management. Salah satunya adalah dengan Cost/Benefit Analysis.

Apa sih yang dimaksud dengan Cost/Benefit Analysis?


(Achmad Muchsinul Huda) #2

Cost Benefit Analysis (CBA), adalah pendekatan sistematis untuk memperkirakan kelebihan dan kekurangan tiap alternatif pilihan (misalnya dalam transaksi, activity, atau investasi proyek); CBA berfungsi untuk menentukan alternatif mana yang paling baik digunakan untuk mendapat manfaat yang paling banyak. CBA juga didefinisikan sebagai proses sistematis untuk menghitung dan membandingkan manfaat dengan biaya sebuah keputusan, kebijakan, atau lebih luasnya lagi sebuah proyek.

Secara umum, CBA memiliki dua tujuan utama:

  • Untuk menentukan apakah investasi / keputusan itu baik (sehat) - memverifikasi apakah benefit/manfaaat seuai dengan biaya,

  • Untuk memberikan dasar-dasar dalam perbandingan proyek - yang melibatkan pembandingan total biaya yang diharapkan dari setiap alternatif terhadap total manfaat yang diharapkan.

Output dari pengunaan CBA ini adalah terbentuknay rasio prioritas terhadap masing masing alternatif yang sangat dibutuhkan oleh decision-maker dari sebuah project untuk menentukan alternatif mana yang akan diambil (dengan mempertimbangkan biaya vs manfaat tiap alternatif yang telah di sediakan oleh CBA ini)

Sumber :
Plan Quality Mnaagement
Cost/Benefit Analysis fifth edition