Apa yang dimaksud dengan Consummate Love ?

Consummate Love

Consummate love adalah cinta yang utuh, terdiri atas tiga komponen cinta yang lengkap yaitu ; keintiman (intimacy), gairah (passion) dan komitmen.

Apa yang dimaksud dengan Consummate Love ?

Cinta merupakan topik yang tidak pernah ada habisnya. Dalam cabang ilmu psikologi sendiri terdapat beberapa teori yang membahas mengenai hubungan percintaan. Tak sedikit juga para pakar psikologi yang membahas lebih mendalam, bahkan memiliki teori mengenai hal tersebut, salah satunya adalah Robert Jeffry Sternberg. Sternberg merupakan pakar psikologi asal Amerika Serikat yang populer dengan teori segitiga cinta ( Triangle Love Theory ).

Dalam teori tersebut Sternberg mengklasifikasikan cinta menjadi tiga komponen. Pertama, kedekatan ( intimacy ), kedua adalah hasrat ( passion ), dan yang terakhir adalah komitmen (commitment). Dari teori segita cinta tersebut dapat disimpulkan menjadi beberapa jenis cinta. Dari jenis-jenis cinta tersebut, kita akan tahu jenis cinta manakah yang sedang Anda jalani bersama pasangan. salah satu jenis cinta adalah Consumate love

Consumate love merupakan tipe cinta yang lengkap dan merepresentasikan hubungan yang ideal. Karakteristik dari tipe ini adalah adanya kedekatan emosional, ketertarikan fisik/seksual, dan komitmen dalam hubungan. Sternberg mengungkapkan bahwa memertahankan consumate love lebih sulit daripada mencapainya. Pasangan yang awalnya memiliki consumate love , apabila seiring waktu komponen passion menurun, maka tipe cinta akan berubah benjadi companionate love . Ia menekankan pada pentingnya mengungkapkan ketiga komponen cinta tersebut dalam tindakan.