Apa yang dimaksud dengan Cognitive Compression Effect?

man-recording-studio-music-production_1303-20398

Cognitive compression effect atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai efek kompresi kognitif merupakan sebuah efek kompresi media elektronik (terutama TV) tentang informasi jalan dan ide-ide yang dirasakan. Dengan memadatkan ide dan informasi untuk transmisi dengan waktu terbatas, media semacam itu hanya menyisakan sedikit kesempatan untuk refleksi tentang isi pesan.

Catatan: Menurut beberapa psikolog ini akibatnya, dalam populasi yang terpapar TV, rentang perhatian dan kebutuhan menjadi lebih pendek untuk variasi konstan dalam konten informasi. Orang yang terbiasa dengan dosis besar yang dikompres informasi - yaitu informasi dipotong dan dikemas terlebih dahulu, cenderung menjadi tergantung secara psikologis pada informasi dan stimulasi visual untuk kepentingan mereka sendiri.

Referensi: Marcel Danesi, 2000, Encyclopedic Dictionary of Semiotics, Media, and Communications, University of Toronto Press.* Referensi: Marcel Danesi, 2000, Encyclopedic Dictionary of Semiotics, Media, and Communications, University of Toronto Press.