Apa yang dimaksud dengan Clarity dalam Ilmu Psikologi?

Karakter adalah sifat, akhlak ataupun kepribadian yang membedakan seorang individu dengan individu lainnya. Karakter dapat dikatakan juga sebagai keadaan yang sebenarnya dari dalam diri seorang individu yang membedakan antara dirinya dengan individu lain dan memperkuat ciri khas dari seseorang agar lebih mudah dikenali. Lalu, Apa yang dimaksud dengan Clarity?

Clarity didefinisikan sebagai goal yang produktif, jelas, dan terukur. Goal harus didefinisikan dengan baik, memiliki batas waktu yang jelas dan mengurangi informasi yang tidak mengarah pada harapan dan pencapaian.

Clarity atau kejelasan yaitu bahwa tujuan itu harus yang spesifik, menantang dan sulit sehingga membawa pada hasil yang lebih tinggi dari pada tujuan yang samar-samar atau tidak jelas. Tujuan yang spesifik juga membawa pada kinerja yang lebih tinggi dari pada tujuan yang umum seperti “kerjakan sebaik mungkin” (do your best).

Locke, dkk yang telah melakukan ulasan pada beberapa penelitian tentang goal setting menyimpulkan bahwa lebih kurang 90% dari penelitian-penelitian yang mereka lakukan menyatakan bahwa tujuan yang spesifik, menantang dan sulit membawa pada kinerja yang lebih baik daripada tujuan yang sedang, mudah, sebaik mungkin (do your best) dan tanpa tujuan. Tujuan merupakan suatu yang mendasar, yang menuntun perhatian dan tindakan individu.

Tidak adanya tujuan dalam suatu belajar akan membuahkan motivasi dan hasil belajar yang rendah. Seseorang akan belajar lebih keras dengan adanya tujuan dari pada tanpa tujuan. Tujuan yang sukar dan spesifik lebih meningkatkan kinerja individu dibandingkan dengan tidak ada tujuan atau ada tujuan tetapi samar-samar seperti “kerjakanlah sebaik-baiknya”. Tujuan yang spesifik dalam proses pencapaian tujuan akan meningkatkan motivasi belajar seseorang dibandingkan jika tujuan yang samar-samar.