Apa yang dimaksud dengan Civilization?

buddha-statue-wat-mahathat-temple-precinct-sukhothai-historical-park_335224-906

Civilization atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai peradaban merupakan istilah Latin yakni Civis yang berarti ‘masyarakat’. Civilization merupakan masyarakat yang kompleks, atau kelompok masyarakat, yang institusinya didasarkan pada arus utama budaya, tetapi yang dapat mencakup lebih dari satu budaya.

Catatan: Istilah peradaban pada dasarnya menyiratkan sebuah masyarakat, atau sekelompok masyarakat, dengan sejarah yang tercatat khas dan dengan institusi yang umum (agama, politik, hukum, ekonomi, pendidikan, dll.). Peradaban pertama di Timur Tengah saat ini datang ke tempat kejadian antara 5000 dan 3000 SM. Sumeria, Babilonia, dan Mesir termasuk di antara pengelompokan sosial besar pertama yang mencakup bukan hanya bentuk budaya arus utama, tapi juga keragaman yang kompleks dari orang-orang dan bahasa, dan untuk membedakan antara sipil dan lembaga keagamaan.

Referensi: Marcel Danesi, 2000, Encyclopedic Dictionary of Semiotics, Media, and Communications, University of Toronto Press.