Apa yang dimaksud dengan CDN ( Content Delivery Network )?

Pada masa kini CDN adalah hal yang sangat banyak kita temui di jejaring komputer,
nah apa itu CDN itu?

Hasil CDN atau Content Delivery Network pastinya sudah sering kita gunakan dalam kehidupan yang sudah serba gadget dan internet ini tapi cukup banyak orang yang masih belum mengetahui bahwa hal hal yang sering ia gunakan adalah sesuatu yang disebut CDN, maka dari itu:

Content Delivery Network (CDN) adalah jaringan server proxy dan pusat data yang terdistribusi secara geografis. Tujuannya adalah untuk mendistribusikan layanan secara spasial relatif terhadap pengguna akhir untuk memberikan ketersediaan dan kinerja tinggi. CDNs melayani sebagian besar konten di Internet saat ini, termasuk objek web (teks, grafik dan skrip), objek yang dapat didownload (file media, perangkat lunak, dokumen), aplikasi (e-commerce, portal), media streaming langsung, streaming sesuai permintaan media, dan jaringan sosial.

Bagaimana CDNs Bekerja

Server yang terdekat dengan pengunjung website menanggapi permintaan tersebut. Jaringan pengiriman konten menyalin halaman situs web ke jaringan server yang tersebar di lokasi yang berbeda secara geografis, menyimpan isi halaman. Saat pengguna meminta laman web yang merupakan bagian dari jaringan pengiriman konten, CDN akan mengalihkan permintaan dari server situs asal ke server di CDN yang paling dekat dengan pengguna dan mengirimkan konten dalam cache.

CDN juga akan berkomunikasi dengan server asal untuk mengirimkan konten yang sebelumnya tidak di-cache. Proses memantul melalui CDN hampir transparan bagi pengguna. Satu-satunya cara pengguna tahu jika CDN telah diakses adalah jika URL yang dikirimkan berbeda dari URL yang telah diminta.

Banyak Bisnis Menggunakan CDNs

Saat mengirimkan situs web berskala besar ke pemirsa global, CDN dapat mengurangi latency, mempercepat waktu muat situs, mengurangi konsumsi bandwidth aplikasi yang aman dan bahkan memblokir scrappers data dan bentuk spammer lainnya yang menyerang server Anda.

Jaringan pengiriman konten digunakan untuk interaksi B2B dan dalam menyajikan konten kepada konsumen.** Saat ini, karena semakin banyak aspek kehidupan sehari-hari yang bergerak **secara online, organisasi menggunakan jaringan pengiriman konten untuk mempercepat konten statis, konten dinamis, konten seluler, transaksi e-commerce, video, suara, permainan dan sebagainya.

source:
https://www.webopedia.com/TERM/C/CDN.html

image

CDN kepanjangan dari Content Delivery Network atau Content Distribution Network atau dalam bahasa Indonesia disebut Jaringan Pendistribusian Konten. CDN adalah sebuah sistem jaringan server untuk mendistribusikan konten yang ada dalam sebuah aplikasi/web ke berbagai pengakses/pengguna di berbagai belahan dunia agar data/konten yang dikirim diterima lebih cepat. CDN diperuntukkan untuk website atau aplikasi yang pengaksesnya dari berbagai belahan dunia.

Dengan menggunakan CDN, meskipun server berada di Indonesia, bila ada pengunjung dari Eropa, maka bukan server Indonesia ( tempat web anda) yang melakukan respon, melainkan server CDN yang berada di Eropa. Begitu juga bila ada pengunjung yang berasal dari USA, server CDN USA yg melakukan repon ke pengunjung tersebut. Secara otomatis server CDN akan merespon dengan server yang terdekat dengan visitor.

Cara kerja CDN Ketika klien mengunduh suatu halaman web, maka klien akan mengirimkan http request ke server yang dituju, dan kemudian server tersebut akan meresponnya dengan mengirimkan berkas-berkas yang diunduh. Kecepatan unduh tersebut tergantung dari beberapa faktor, salah satunya adalah jarak antara server dengan klien. Semakin jauh jarak server dari klien, maka semakin lama pula respon pengiriman. Begitu pula sebaliknya, semakin dekat jarak antara server ke klien, maka semakin cepat lah waktu unduh halaman web tersebut.

image

Fungsi CDN (Content Delivery Network) dalam hal ini adalah meminimalisir waktu unduh yang dibutuhkan oleh klien, karena CDN sendiri adalah jaringan server yang terletak di berbagai belahan dunia, oleh karena itu server yang terdekat dengan klien akan diprioritaskan untuk mengirimkan berkas yang diminta.

Sumber :