Apa yang dimaksud dengan campur kode (code mixing)?


(aditya) #1

Pada ilmu linguistik, khususnya di bidang sosiolonguistik terdapat topik penelitian mengenai campur kode. Apa yang dimaksud dengan campur kode (code mixing)?


(hanaaa) #2

Campur kode biasanya terjadi pada masyarakat bilingual atau multilingual. Campur kode merupakan peristiwa transisi dari satu kode ke kode lainnya atau dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

Menurut Nababan (1991:32) campur kode adalah suatu keadaan berbahasa yang mencampurkan dua atau lebih bahasa dalam suatu tindak bahasa ( speech act atau discourse ) tanpa ada sesuatu dalam situasi berbahasa yang menuntut pencampuran bahasa. Sedangkan Thenlander (dalam Suwito, 1995: 89) menyatakan campur kode adalah peristiwa terjadinya suatu tuturan, baik klausa maupun frasa-frasa yang digunakannya terdiri dari klausa, frasa campuran dan masing-masing klausa atau frasa tersebut tidak lagi mendukung fungsi sendiri-sendiri.

Pendapat lain mengenai alih kode oleh Chaer dan Leonie Agustina (2004: 114), menyatakan campur kode merupakan penggunaan bahasa yang di dalamnya terdapat beberapa kode.