Apa yang dimaksud dengan Business Development

Business development biasanya dikenal sebagai bagian dari pemasaran, lalu ada yang mengenalnya sebagai pemengbangan produk dan beberapa lagi mengenal sebagai tim yang melakukan strategi dalam bisnis.

Definisi Business Development

Business development merupakan penciptaan jangka panjang, yaitu pendapatan dan pencitraan sebuah perusahaan yang termasuk dalam kesetiaan pelanggan, prestise atau apapun yang menjadi tujuan dari perusahaan tersebut.

Dalam BD ini, kunci utama posisi ini agar tetap berjalan dengan baik adalah rencana strategis perusahaan tersebut. Dalam menjalankan sebuah pekerjaan, biasanya seorang BD akan mengadakan pelatihan, workshop, dan review bisnis

Faktor yang mempengaruhi business development,

  1. Pelanggan

Pelanggan merupakan faktor utama yang mempengaruhi business development, karena dengan adanya pelanggan, mereka dapat mencari sebuah peluang baru dan menyaring nilai sebuah produk yang dicari dan dibutuhkan oleh pelanggan yang sudah ada.
Seorang business development biasanya akan mencari nilai-nilai yang terkandung dari sebuah produk bisnis itu sendiri, kemudian hal ini akan dikembangkan lagi. Tujuan dari BD mencari nilai tersebut adalah untuk menambah fitur produk tersebut. Contoh, jika seorang pelanggan terpaksa untuk membeli sebuah produk, tetapi mereka tidak paham mengenai produk apa saja yang bisa memenuhi kebutuhan lainnya.

  1. Pasar

Pasar merupakan sebuah poin kedua dari beberapa faktor yang mempengaruhi business development karena seorang BD tersebut mempunyai tugas untuk mencari tahu dimana tempat dia bisa menemukan pasar baru, baik hal itu secara geografis maupun secara pelanggan dan menemukan cara untuk mendapatkan pasar tersebut. Hal ini terjadi karena seorang pelanggan tentu saja berlokasi di suatu tempat tertentu. Maka dari itu, terbentuklah sebuah preferensi calon pelanggan baru.

  1. Relasi

Poin ketiga adalah relasi, yang mana seorang business development akan membangun sebuah kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan melalui produk yang dipasarkan dan tanggung jawab perusahaan terhadap itu. Relasi disini mencakup relasi dengan pelanggan, mitra, tenaga kerja dan juga investor harus dibangun dengan baik. Karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap keberlangsungan perusahaan.

APA YANG DILAKUKAN OLEH BUSINESS DEVELOPMENT

A. Melihat Perkembangan Pasar

Jika Kamu ingin berkarir sebagai business development hendaknya bisa melihat perkembangan pangsa pasar dan bagaimana kompetisi di pasar tersebut. Dengan Kamu berhasil melihat hal tersebut, maka akan berkaitan dengan hal-hal apa saja yang akan menarik perhatian konsumen, sehingga dengan begitu Kamu dapat mengetahui peluang apa saja yang dapat Kamu miliki.

B. Mengetahui Target Konsumen

Seorang business development haruslah memiliki kepekaan untuk mengetahui siapa target konsumen yang ingin disasar oleh perusahaan. Dengan begitu, Kamu juga hendaklah mengetahui bagaimana konsumsi dari target tersebut. Sehingga dengan demikian, hal tersebut akan mendatangkan sebuah solusi yang tepat terhadap produk.

C. Memiliki Kemampuan Komunikasi

Kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang business development adalah memiliki kemampuan mempresentasikan, menjual, dan membuat sebuah kesepakatan secara bijak dan efisien. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka akan memahami sebuah permasalahan yang ada dan mempermudah interaksi dengan rekan kerja.