Apa yang dimaksud dengan Garis Anggaran atau Budget Line?

Garis anggaran adalah garis yang menunjukkan jumlah barang yang dapat dibeli dengan sejumlah pendapatan atau anggaran tertentu, pada tingkat harga tertentu.

1 Like

Pengetahuan tentang konsep garis anggaran sangat penting untuk memahami teori keseimbangan konsumen. Kurva indifferen yang lebih tinggi menunjukkan tingkat kepuasan yang lebih tinggi daripada yang lebih rendah. Oleh karena itu, seorang konsumen dalam usahanya untuk memaksimalkan kepuasannya akan mencoba untuk mencapai kurva ketidakpedulian setinggi mungkin.

Tetapi dalam usahanya membeli lebih banyak dan lebih banyak barang dan dengan demikian memperoleh kepuasan yang semakin banyak dia harus bekerja di bawah dua kendala; pertama, ia harus membayar harga barang dan, kedua, ia memiliki penghasilan uang terbatas untuk membeli barang. Jadi, seberapa jauh dia akan pergi untuk pembeliannya tergantung pada harga barang dan uang yang harus dikeluarkan untuk membeli barang tersebut.

Garis anggaran ini menunjukkan semua kombinasi dari dua barang yang konsumen dapat beli membelanjakan pendapatan uangnya untuk kedua barang tersebut dengan harga yang ditentukan.