Apa yang dimaksud dengan Budaya popular?

Budaya populer (dikenal juga sebagai budaya pop) adalah totalitas ide, perspektif, perilaku, meme, citra, dan fenomena lainnya yang dipilih oleh konsensus informal di dalam arus utama sebuah budaya, khususnya oleh budaya Barat di awal hingga pertengahan abad ke-20 dan arus utama global yang muncul pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21.

Dengan pengaruh besar dari media massa, kumpulan ide ini menembus kehidupan masyarakat.

Apa yang dimaksud dengan Budaya popular ?

Masyarakat modern yang hidup di hampir semua negara memiliki kesamaan budaya, yaitu budaya popular. budaya popular dinikmati bersama oleh semua masyarakat melewati batas negara, bangsa, agama dan perbedaan-perbedaan lainnya. “Budaya popular adalah budaya yang menarik massa”.

Karakteristik budaya popular :

  1. Masuk ke dalam pengalaman dan nilai kebanyakan anggota masyarakat dari suatu populasi
  2. Tidak memerlukan pengetahuan khusus untuk memahami budaya popular.
  3. Budaya itu dihasilkan karena mudahnya setiap orang mengakses pada nilai-nilai budaya popular.

Budaya popular mudah dipahami oleh sebagian besar anggota masyarakat, mereka tidak memerlukan pengetahuan yang khusus untuk memahami budaya popular tersebut. Beberapa budaya popular direpresentasikan dalam berbagai bentuk: Iklan, televisi, musik, pakaian, film, aksesoris, radio.

Mowen dan Minor (1998) mengartikan budaya populer sebagai budaya masyarakat banyak. Budaya populer mudah dipahami oleh sebagian besar anggota masyarakat, mereka tidak memerlukan pengetahuan yang khusus untuk memahami budaya populer tersebut. Budaya populer bisa diperoleh dan dibeli dengan mudah dan budaya ini akan mempengaruhi perilaku konsumen. Terdapat beberapa jenis budaya populer, yaitu :

  1. Iklan
    Iklan dapat berupa dalam media cetak dan media elektronik. Iklan media cetak contohnya koran, brosur, majalah, leaflet, yang telah menjadi ciri masyrakat modern. Sedangkan iklan media elektronik contohnya radio, televisi, internet, cd-rom, kaset, vcd, dan sebagainya. Selain itu, iklan juga disajikan lewat media ruang, contohnya billboard, spanduk, papan nama toko, dan sebagainya. Pada saat ini, konsumen tidak hanya bisa menikmati iklan-iklan nasional, tapi juga iklan-iklan mancanegara yang dibuat diluar negeri dan ditayangkan ditanah air. Iklan telah menjadi budaya internasional.

  2. Televisi
    Televisi adalah medium iklan yang banyak digunakan oleh para produsen, karena jangkauannya yang luas dan kemampuan audio visualnya dalam menyampaikan iklan. Televisi adalah medium untuk menyampaikan banyak hal kepada masyarakat baik mengenai sosial, politik, hiburan, olahraga, beragam berita dan iklan komersial.

  3. Musik
    Musik telah menjadi budaya populer yang sangat penting, karena musik sangat terkait dengan televisi dan iklan. Musik banyak dipakai oleh iklan-iklan produk dan jasa

  4. Radio
    Radio juga merupakan medium untuk menyampaikan berbagai hal kepada masyarakat termasuk medium untuk beriklan. Radio menciptakan budaya populer pada era tahun 1980an yaitu budaya interaktif antara pendengar radio dan penyiar radio atau antara reporter radio dan penyiar radio, dimana acara interaktif memilki fungsi sosial yang sangat penting. Radio telah menjadi forum komunikasi antar pendengarnya, mereka bisa saling melakukan transaksi barang dan jasa yang dibutuhkannya dan iklan pun telah mewarnai hampir semua program radio pada semua stasiun radio.

  5. Pakaian dan Asesoris
    Pakaian menggambarkan suatu budaya dan bangsa. Pakaian telah menjadi budaya populer yang global. Contohnnya, celana panjang, T-shirt atau kaos, blouse, dan sebagainya… Selain itu, konsumen juga memakai asesoris pakaian seperti dasi, bros, anting-anting, kalung, jam tangan, dan sebaginya.

  6. Permainan (Games)
    Seiring dengan berkembangnya teknologi alat-alat elektronik, seperti televisi, komputer, VCD player, DVD player, maka berkembang pula segala macam jenis permainan yang menggunakan peralatan tersebut. Contohnya, mesin game yang disebut nitendo dan sega., kemudian disusul dengan mesin game play station atau PS yang diproduksi oleh SONY.

  7. Film
    Film telah menjadi hiburan massal bagi masyarakat konsumen Indonesia bahkan masyarakat dunia. Anak-anak merupakan target pasar yang potensial untuk semua jenis produk, iklan produk anak-anak ditayangkan pada saat pemutaran film untuk anak-anak.

  8. Komputer
    Komputer, internet, dan telepon genggam telah menjadi ciri budaya modern suatu bangsa pada dekade initermasuk ciri budaya populer masyarakat Indonesia. Kehadiran teknologi internet menyebabkan pengguna komputer bisa berhubungan dengan dunia luar yang melewati batas-batas geografi, negara, budaya, dan batas sosial. Perkembangan teknologi komputer dan jaringan internet diikuti oleh perkembangan teknologi telepon genggam, yang mana kehadiran telepon genggam telah mengubah perilaku konsumen, konsumen lebih sering berkomunikasi dengan keluarga dan relasinya karena kemudahan menggunakan telepon dimanapun ia berada.