Apa yang dimaksud dengan bridge?

Peralatan sepert Komputer, NIC (Network Interface Card), Wireless LAN, HUB atau Swicth yang mendukung F/O, Swicth Wireles, dan lain sebagainya merupakan kebutuhan standar dan harus ada untuk sebuah jaringan. Kemudian apabila jaringan komputer tersebut ingin ditingkatkan atau lebih besar lagi harus ditambah beberapa hardware lain seperti: repeater, bridge, router, dan gateway.

download
Bridge adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah, baik tipe jaringan yang sama maupun berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet). Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node atau titik yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan hanya memperbolehkan lalulintas data yang diperlukan melintasi bridge. Ketika menerima sebuah paket, bridge menentukan segmen tujuan dan sumber. Jika segmennya sama, paket akan ditolak, dan jika segmennya berbeda, paket diteruskan ke segmen tujuannya. Bridge juga bisa mencegah pesan rusak agar tidak menyebar keluar dari satu segmen… Adapula jenis-jenis bridge:

  1. Bridge Lokal : Menghubungkan segmen-segmen jaringan lokal. Bridge yang mampu mengkoneksikan media kabel yang satu dengan media kabel lainnya, contoh penggunaannya dapat dilihat pada hub,switch, atau modem.
  2. Bridge Remote : Membuat sebuah sambungan(link) antar LAN untuk membuat sebuah WAN
  3. Bridge Nirkabel : Menggabungkan jaringan LAN kabel dan jaringan LAN nirkabel atau beberapa media yang koneksinya media wireless.

Bridge adalah suatu alat yang dapat menghubungkan jaringan komputer LAN (Local arean Network) dengan jaringan LAN yang lain. Bridge dapat menghubungkan tipe jaringan komputer berbeda-beda (misalnya seperti Ethernet & Fast Ethernet), ataupun tipe jaringan yang serupa atau sama.

Alat ini bekerja pada data Link layer model OSI (Open System Interconnection), Karena itu bridge bisa menyambungkan jaringan komputer yang memakai metode transmisi atau medium access control yang tidak sama atau berbeda. Bridge juga adalah alat yang bisa mempelajari alamat link yang ada pada setiap perangkat yang terhubung dengannya dan juga mengatur alur frame berdasarkan alamat tersebut.

Bridge adalah jenis perangkat jaringan komputer yang menyediakan interkoneksi dengan jaringan bridge lain yang menggunakan protokol yang sama.

Device bridge bekerja pada lapisan data link dari model Open System Interconnect (OSI), yang menghubungkan dua jaringan yang berbeda dan menyediakan komunikasi di antara keduanya. Bridge mirip dengan repeater dan hub karena mereka menyiarkan data ke setiap simpul. Namun, bridge mempertahankan tabel alamat kontrol akses media (MAC) segera setelah mereka menemukan segmen baru, jadi transmisi berikutnya dikirim hanya ke penerima yang diinginkan.

Bridge juga dikenal sebagai Layer 2 switch.

image

source : https://www.techopedia.com/