Apa yang dimaksud dengan Breastfeeding Jaundice?

image

Breastfeeding jaundice atau sakit kuning adalah suatu kondisi pada bayi baru lahir akibat hiperbilirubin karena kurang ASI.

Apa yang dimaksud dengan Breastfeeding Jaundice ?

Breastfeeding jaundice adalah kekuningan yang terjadi pada bayi disebabkan karena bayi tidak mendapatkan ASI yang cukup (bedakan dengan breastmilk jaundice yang bayi mendapatkan cukup ASI) dan bayi terlambat untuk mulai mendapatkan ASI.

Ketika bayi tidak mendapatkan cukup ASI, maka pergerakan sistem pencernaannya berkurang, sehingga bilirubin tidak banyak dikeluarkan dan menumpuk dalam darah. Dalam darah manusia terdapat bilirubin, dan pada bayi baru lahir biasanya bilirubin meningkat karena fungsi hati belum matang sehingga sulit untuk memproses bilirubin tersebut. Akhirnya bilirubin yang seharusnya keluar bersama dengan feses, kembali mengendap pada usus.

Hiperbilirubin terjadi karena fungsi hati yang belum sempurna untuk bekerja mengeluarkan bilirubin dari darah. Keadaan ini biasanya terjadi pada 25-50% bayi cukup bulan dan lebih tinggi persentasenya pada bayi prematur.

Tanda-tanda kekuningan atau jaundice ini biasanya dapat dilihat pada kulit dan mata, yang disebabkan oleh peningkatan kadar bilirubin di dalam darahnya. Kekuningan akan muncul pertama kali di daerah kepala, dan jika semakin tinggi akan timbul di dada, badan, dan kaki serta tangan.

Breastfeeding jaundice tidak memerlukan pengobatan dan tidak perlu diberikan air putih atau air gula. Bayi sehat cukup bulan mempunyai cadangan cairan dan energi yang dapat mempertahankan metabolismenya selama 72 jam.

Pemberian ASI yang cukup dapat mengatasi Breastfeeding jaundice . Ibu harus memberikan kesempatan lebih pada bayinya untuk menyusu. Kolostrum akan cepat keluar dengan hisapan bayi yang terus menerus. ASI akan lebih cepat keluar dengan inisiasi menyusu dini dan rawat gabung. Gartner menyatakan bahwa fasting penundaan pemberian asupak kalori atau juga bisa disebabkan oleh karena asupan yang kurang menyebabkan sirkulasi enterohepatik lebih tinggi sehingga total serum bilirubin meningkat (hiperbilirubinemia).

Beberapa penelitian disebutkan bahwa TSB ≥ 12,9 mg/dL sangat berhubungan dengan suplementary feeding dan peburunan berat badan, sedangkan ASI tidak berhubungan dengan TSB ≥ 12,9 mg/dL pada hari pertama setelah kelahiran.

Hal ini disebabkan, neonatus (bayi) langsung akan di susui ASI setelah proses kelahiran di ruang bersalin. Sedangkan suplementary feeding hanya diberikan apabila ASI tidak adekuat. Hal ini berhubungan dengan penurunan berat badan dimana suplementary feeding mengalami penurunan berat badan lebih besar dari ASI.

Penelitian dari Wu PYK, (1985) menyebutkan bahwa neonatus yang memperoleh < 90 kalori/kg/24 jam memiliki kadar bilirubin serum lebih tinggi dibanding dengan neonatus yang memperoleh >90 kalori/kg/24 jam, dan fototerapi yang diberikan kurang efektif apabila diberikan pada asupan kalori dan cairan yang kurang.