Apa yang dimaksud dengan breakdance?


Salah satu tarian yang berkembang di masyarakat yaitu tari dengan tipe hip-hop. Salah satu jenisnya yaitu breakdance. Apa yang anda ketahui dari tarian ini?

Salah satu tarian paling atletik di dunia, Breakdance, awalnya menemukan popularitasnya pada tahun 1970-an sebagai tarian jalanan di Bronx, New York. Sejak itu telah menyebar ke seluruh dunia di mana ia dipandang sebagai salah satu gaya tarian paling unik yang pernah dibuat. Biasanya menari solo, tarian ini membutuhkan penari berbakat untuk melakukan serangkaian tarian koreografi atau bentuk bebas dan gerakan atletik bersama biasanya musik breakbeat, hip-hop atau funk.

Breakdance / B-Boying merupakan suatu tarian jalanan yang berkembang dikalangan pemuda AfroAmerika di New York sekitar tahun 1970an. Tarian brreakdance ini biasanya diiringi dengan musik khas hiphop, tarian ini juga telah menjadi salah satu dari elemen penting dalam hiphop. Keberadaan tarian ini sangat cepat mendapat perhatian di kalangan anak-anak muda, di kota New York bahkan di dunia, seperti Jepang, Korea Selatan, Perancis, Brazil, Indonesia, dan
negara-negara lain yang disinggahi oleh aliran musik Hiphop.

Sebutan untuk praktisi tarian ini adalah b-boy / b-girl atau juga breaker. Selain gerakan-gerakan yang biasa dalam tarian, breakdance memiliki gerakan standar yakni: toprock, down rock, power moves, dan freeze. Namun dalam masa modern kini gerakan-gerakan dalam tarian ini selalu di berikan improvisasi dan bentuk-bentuk yang baru mengikuti gaya musik yang mengiringi pementasan tarian ini.

Pada awal perkembangannya di lantai dansa di komunitas hiphop, Dj Kool Herc memutarkan musik instrumen namun dengan beat yang kuat, dimana kesempatan ini merupakan kesempatan dj untuk mengganti lagu sambil memperkenalkan lagu selanjutnya serta memberikan prolog-prolog untuk memperindah pergantian musik. Hal ini disebut dengan “break / jeda” kesempatan inilah yang digunakan untuk pada breaker menunjukkan kemampuan mereka di atas lantai dansa. Kejadian-kejadian seperti ini juga kadang dipergunakan oleh para breaker untuk berlaga gerakan atau disebut juga dance batlle antara individu, maupun kelompok-kelompok breaker, dan dinilai dengan melihat mental, skills, kreatifitas, serta musikalitas breaker yang berlaga. Kejadian-kejadian seperti ini lah yang membuat para breaker semakin menggali kemampuan mereka untuk di pertunjukkan kembali. Dance battle biasanya dilakukan dalam lingkaran, yakni lingkaran para breaker yang menyaksikan pertunjukan tersebut.