Apa yang dimaksud dengan board interlocks?

Board interlocks

Board Interlock adalah keadaan di mana terdapat dua direktur perusahaan yang melayani secara bersama-sama di dewan direksi perusahaan publik lain.

Board interlocks terjadi ketika anggota dewan perusahaan “A” bertindak secara bersamaan di dewan perusahaan “B” sehingga menciptakan ikatan untuk pertukaran informasi dan manfaat (Davis, 1996; Caiazza dan Simoni, 2015; Mizruchi, 1996).

Haunschild (1993) mengatakan bahwa board interlocks merupakan praktik manajemen berfungsi sebagai alat yang andal dan murah yang menumbuhkan komunikasi perusahaan melalui pemanfaatan pengalaman anggota dewan. Board interlocks berfungsi untuk membawa anggota yang berpengalaman ke dewan direksi dengan menyatukan anggota dewan di antara beberapa perusahaan (Dooley, 1969; Allen, 1974; Fich and White, 2005).

Santos et al. (2012) menyatakan bahwa board interlocks saling terkait dengan kelangkaan anggota yang berkualitas. Dalam menghadapi kelangkaan sumberdaya keuangan dan manusia, perusahaan bersaing untuk mengakses bakat pengarah seperti itu, menawarkan harga untuk mempertahankan tingkat pengalaman di ruang dewan yang cukup untuk melakukan kontrol efektif atas keputusan perusahaan yang dibuat secara berkelanjutan di eselon tertinggi. Dengan demikian, board interlocks ada di mana-mana di banyak pasar maju. Dooley (1969) mengamati bahwa 90 persen dari perusahaan AS, sejak 1930-an, memiliki setidaknya satu anggota dewan yang saling terkait.

Definisi lain board interlocks terjadi ketika seorang direktur dari satu organisasi duduk di dewan direksi organisasi lain. Penyebab dan konsekuensi dari interlock ini telah banyak diperdebatkan dalam literatur barat tetapi relatif sedikit yang diketahui tentang interlock di dewan perusahaan India. Interlock papan pada dasarnya analog dengan kolesterol. Keduanya adalah fakta kehidupan.

Referensi

https://www.researchgate.net/publication/323812638_Board_interlocking_and_firm_performance_the_role_of_foreign_ownership_in_Saudi_Arabia_Please_click_on_the_link_below_to_download_the_full_article_httpswwwemeraldinsightcomeprintFDIGRPTAGCT2DEQGUKP7ful

Balasubrama, Bala. 2011. Board Interlocks and Their Impact on Corporate Governance: The Indian Experience - Coping with Corporate Cholesterol. Indian Institure of Management Bangalore.