Apa yang dimaksud dengan bintang pulsar ?

Bintang Pulsar

Bintang Pulsar adalah bintang neutron yang berotasi dengan cepat, yang merupakan sisa yang tertinggal dari kematian sebuah bintang masif. para astronom telah mengkatalogkan sekitar 1.800 pulsar. Kebanyakan diataranya memancarkan denyut dalam gelombang radio namun ada juga yang melepaskan energi dalam bentuk lain seperti cahaya kasatmata dan sinar-x. (wikipedia)

Apa yang dimaksud dengan bintang pulsar ?

Bintang Pulsar


Teori Relativitas Umum menyatakan bahwa keberadaan gaya gravitasi di alamsemesta adalah konsekuensi dari ruang-waktu melengkung. Hal ini ditunjukkan oleh teori medan Einstein, yakni persamaan yang menyatakan hubungan antara distribusimateri dan ruang-waktu melengkung.

Teori medan Einstein menunjukkan bahwa kelengkungan ruang-waktu di sekitarmateri disebabkan oleh materi itu sendiri. Secara fisis, hal ini memiliki makna bahwaterdapat medan gravitasi di sekitar materi. Ruang-waktu tak terganggu menyatakanmedan gravitasi tak terganggu.Teori Relativitas Umum memprediksi bahwasannya ruang waktu terganggu akanmenjalarkan gangguan dalam bentuk radiasi gelombang gravitasi dengan kecepatancahaya. Ruang-waktu terganggu adalah konsekuensi dari dinamika rotasi dan revolusimateri alam semesta. Energi radiasi gelombang gravitasi ditentukan oleh massa dankecepatan rotasi atau revolusi sumber radiasi gelombang gravitasi.

Bintang Pulsar, bintang neutron yang sangat rapat yang memiliki kecepatan rotasi san-gat tinggi, meradiasikan pulsa radio yang berulang secara teratur. Fenomena pulsardiprediksi dari keteraturan pola radiasi gelombang gravitasi sebagai konsekuensi ke-lengkungan ruang-waktu yang terganggu. Berapa massa dan kecepatan rotasi pulsarditentukan oleh nilai energi pulsar.

1 Like