Apa yang dimaksud dengan Biaya tingkat produk (product- level cost)?

Biaya tingkat produk

Biaya adalah dasar dalam penetapan harga berupa beban yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.

Apa yang dimaksud dengan Biaya tingkat produk (product- level cost) ?

Biaya tingkat produk (product- level cost) adalah biaya yang terjadi untuk mendukung sejumlah produk berbeda yang dihasilkan. Biaya tersebut tidak harus dipengaruhi oleh produksi dan penjualan satu batch atau satu unit lebih banyak.

Contoh biaya tingkat produk adalah biaya desain produk, pengembangan produk, pembuatan prototipe dan teknik produksi. Jika pekerja memerlukan tambahan pelatihan sebelum memproduksi suatu produk tertentu, atau jika beberapa mesin digunakan secara eksklusif untuk satu produk, maka biaya dari peralatan dan mesin tersebut adalah biaya tingkat produk.

Jika bahan baku adalah unik untuk satu produk dan tidak dipesan secara terpisah untuk setiap batch yang diproduksi, maka biaya pembelian, penerimaan dan inspeksi bahan baku tersebut adalah biaya tingkat produk.

Suatu contoh biaya tingkat produk di bisnis jasa adalah biaya yang dikeluarkan oleh satu firma konsultasi guna membeli software komputer baru dalam rangka menyediakan suatu jenis jasa baru kepada klien.

Pemicu tingkat produk (product-level driver) adalah ukuran aktivitas yang bervariasi dengan bermacam-macam jumlah produk yang diproduksi dan dijual. Contoh pemicu tingkat produk adalah perubahan desain, jam desain dan jumlah komponen berbeda yang diperlukan (disebut “jumlah dari nomor atau kode komponen”).