Apa yang dimaksud dengan Biaya tingkat batch (batch-level cost)?

Biaya tingkat batch

Biaya adalah semua pengorbanan yang perlu dilakukan untuk suatu proses produksi, yang dinyatakan dengan satuan uang menurut harga pasar yang berlaku

Apa yang dimaksud dengan Biaya tingkat batch (batch-level cost) ?

Biaya tingkat batch (batch-level cost) adalah biaya yang disebabkan oleh jumlah batch yang diproduksi dan dijual.

Contoh biaya tingkat batch meliputi biaya persiapan dan kebanyakan biaya penanganan bahan baku. Jika bahan baku dipesan dari pemasok untuk batch tertentu, maka sebagian dari biaya pembelian, penerimaan dan inspeksi barang masuk merupakan biaya tingkat batch. Jika unit pertama dari setiap batch diinspeksi, maka biaya inspeksi dalam proses ini juga merupakan biaya tingkat batch.

Biaya tingkat batch yang signifikan juga ada di luar fungsi produksi. Misalnya, jika suatu produk tidak disimpan sebagai persediaan melainkan setiap batch diproduksi untuk setiap pesanan pelanggan, maka biaya tingkat batch memasukkan sebagian biaya pemasaran dan administratif. Contoh biaya ini adalah biaya pemasaran dan biaya administratif yang terjadi guna memperoleh danmemproses pesananserta biaya administratif untuk akuntansi danpenagihan.

Perbedaan antara biaya tingkat batch dan biaya tingkat unit tidaklah hilang apabila batch terdiri dari satu unit. Biaya tingkat batch masih merupakan biaya yang tidak akan meningkat jika satu atau lebih unit ditambahkan ke batch tersebut. Biaya tingkat batch dipengaruhi oleh jumlah batch dan tidak tergantung pada jumlah unit. Memproduksi unit lain tidak berarti memerlukan batch lain.

Pemicu tingkat batch (product-level driver) adalah ukuran aktivitas yang bervariasi dengan jumlah batch yang diproduksi dan dijual. Contoh pemicu tingkat batch adalah persiapan, jam persiapan, pesanan produksi dan permintaan bahan baku.