Apa yang dimaksud dengan biaya perpindahan atau switching cost?

Biaya perpindahan atau switching cost

Terdapat biaya perpindahan atau switching cost apakah yang dimaksud dengan itu?

Biaya perpindahan atau switching cost adalah biaya atau pengorbanan yang harus ditanggung oleh customer apabila customer memutuskan untuk berpindah ke supplier lain.

Jenis-jenis biaya perpindahan antara lain exit fees, search costs, learning costs, cognitive effort, emotional costs, equipment costs, installation and start-up cost, financial risk, psychological risk, and social risk.

Switching cost merupakan biaya/beban yang harus ditanggung oleh konsumen selama proses perpindahan dari suatu produk/jasa ke produk/jasa yang lain. Ketika switching cost dihubungkan dengan proses perpindahan, maka switching cost tidak dapat hanya dihitung pada saat perpindahan (Burnham, Frels & Mahajan, 2003). Switching cost juga tidak dapat diasosiakan hanya sebagai economic cost , hal ini dikarenakan selama dalam proses perpindahan, banyak potensi biaya yang akan timbul, yang termasuk diantaranya adalah seach costs, transaction costs, learning costs, loyal customer discounts, customer habit, emotional cost dan cognitive effort , coupled with financial, social, dan psychological risk on the part of buyer (Fornell dalam Burnham, Frels & Mahajan (2003).

Untuk memudahkan pemahaman terhadap switching costs , beberapa peneliti mengemukakan bebeapa tipologi switching costs . Klemperer dalam Aydin, Ozer, Kazan & Dogruer (2009) membagi switching cost menjadi 3 komponen, dan Guiltinan (1989) dalam Aydin, Ozer, Kazan & Dogruer (2009) mengelompokkan switching costs menjadi 4 kelompok utama. Pendapat Klemperer dan Guiltinan dapat dilihat pada Tabel TIpologi switching costs Klemperer dan Guiltinan berikut ini.

image
Sumber: Klemperer (1987); Guiltinan (1989) dalam Ozer & Dogruer (2009).

Pendapat lain mengeni tipologi switching costs dikemukakan oleh Burnham, Frels & Mahajan (2003). Dengan mengacu pada pendapatnya Anderson & Gerbing (1998); Churchill (1979), Burnham et al. (2003) membagi switching cost menjadi delapan tipe, yaitu: economic risk costs , evaluation costs, learning costs, setup costs, benefit loss costs, monetary loss costs, personal relationship loss costs, dan brand relationship loss costs . Selanjutnya, untuk memudahkan pemahaman, Burnham et al. (2003) melakukan penyederhanaan terhadap 8 tipologi switching costs tersebut menjadi tiga tipe switching costs , yang dapat dilihat pada Tabel Tipologi switching costs Burnham, Frels, dan Mahajan berikut ini.

image
Sumber: Burnham et al. (2003)

Sumber

Burnham, T. A., Frels, J. K., & Mahajan, V. (2003). Consumer switching costs: A typology, antecedents, and consequences. Academy of Marketing Science Journal , Spring 2003.