Apa yang dimaksud dengan biaya peluang (opportunity cost)?

Apa yang dimaksud dengan biaya peluang (opportunity cost)?

Masalah ekonomi yang dihadapi manusia mendorong mereka untuk selalu bersikap rasional dalam menentukan berbagai pilihan agar sumber daya alam yang dimilikinya dapat digunakan untuk memuaskan kebutuhan hidup dengan semaksimal mungkin.

1 Like

Dalam ekonomi dikenal istilah biaya peluang (opportunity cost). Biaya peluang adalah biaya yang timbul akibat memilih sebuah peluang terbaik dari beberapa alternatif yang tersedia. Ketika seseorang dihadapkan pada beberapa alternatif pilihan dan harus memilih satu diantaranya maka alternatif yang tidak dipilihnya itulah yang menjadi biaya peluang.

Seperti yang terjadi pada salah satu faktor produksi, yakni tenaga kerja. Jika seorang pekerja mengambil salah satu peluang untuk melakukan suatu produksi maka secara bersamaan ia akan kehilangan peluang untuk melakukan produksi pada bidang lain. Kehilangan kesempatan itulah yang disebut biaya peluang (opportunity cost). Setiap orang harus selalu berusaha untuk mendapatkan manfaat tertinggi dari sikap alternatif pilihan dan mengambil biaya peluang yang terendah.

Referensi

Nurcahyaningtyas. 2009. Ekonomi: Untuk Kelas X SMA/MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Biaya Peluang (Opportunity Cost)


Biaya peluang (oppurtinity cost) adalah laba yang tidak terwujud dikarenakan sumberdaya yang dialihkan penggunanya ke kegiatan lain. Secarah garis besar, dalam akuntansi hanya akan mencatat data menyangkut alternatif yang dipilih, bukan alternatif yang ditolak. Masalah ekonomi yang dihadapi oleh menusia mendorong manusia untuk selalu bersikap rasional dalam menentukan berbagai pilihan, agar sumberdaya alam yang dimilikinya dapat digunakan untuk memuaskan kebutuhan hidup dengan semaksimal mungkin. Ketika seseorang dihadapkan pada beberapa alternatif pilihan dan harus memilih salah satu diantaranya maka alternatif yang tidak dipilihnya itulah yang menjadi biaya peluang (Mankiw, 2000). Akan tetapi, untuk para ekonom menggunakan konsep biaya yang lebih luas yakni dengan nilai dari peluang (opportunities) yang dikorbankan. Gagasan para ekonom bahwa biaya adalah nilai dari peluang yang dikorbankan merupakan dasar pada konsep opportunity cost. Opportunity cost merpakan nilai alternatif terbaik selanjutnya yang hilang, bila alternatif yang lain dipilih. Opportunity cost berguna di dalam pengambilan keputusan. Kesempatan atau peluang yang hilang dan yang dikorbankan inilah yang disebut dengan Opportunity Cost atau biasa disebut dengan biaya peluang.

Darsono (2009) juga menjelaskan tentang biaya peluang (opportunity cost), yaitu manfaat yang dikorbankan pada saat memilih satu diantara beberapa alternatif kesempatan untuk memperoleh benefit yang dikorbankan pada saat memilih satu diantara beberapa alternatif kesempatan untuk memperoleh laba atau keuntungan. Sebagai salah satu contoh biaya peluang, yaitu jika suatu perusahaan mempunyai sebuah sumber daya seperti gedung sebagai aset perusahaan tersebut. Pilihan yang ada yaitu perusahaan tersebut dapat menyewakan gedung tersebut atau kah menggunakan gedung tersebut sebagai sarana usaha. Misalnya sewa gedung tersebut di hargai dengan Rp150.000.000,- per tahun maka perusahaan tersebut memperoleh keuntungan sesuai nilai sewa gedung tersebut namun kehilangan kesempatan atau peluang untuk menggunakan gedung tersebut sebagai sarana usaha perusahaan.

Referensi

Darsono Prawironegoro, Purwati, Ari. 2009. Akuntansi Manajemen. Jilid 1. Edisi keempat. Erlangga. Jakarta.

Mankiw, N. Gregory. 2000. Teori Makroekonomi Edisi Keempat. Terjemahan : Imam Nurmawan.

Jakarta : Erlangga.

In microeconomic theory, the opportunity cost, also known as alternative cost, is the value (not a benefit) of the choice of a best alternative cost while making a decision. A choice needs to be made between several mutually exclusive alternatives; assuming the best choice is made, it is the “cost” incurred by not enjoying the benefit that would have been had by taking the second best available choice.