Apa yang dimaksud dengan Biaya Modal Utang Jangka Panjang?

Biaya modal Utang jangka panjang merupakan tingkat pengembalian yang diminta atas investasi oleh para pemberi pinjaman ke perusahaan.

Apa yang dimaksud dengan Biaya Modal Utang Jangka Panjang ?

Biaya hutang yang ditanggung oleh perusahaan yang menggunakan dana hutang tidak lain adalah sebesar tingkat keuntungan yang disyaratkan oleh investor (pemilik dana).

Pada dasarnya biaya penggunaan Utang jangka panjang (cost of debt) yang biasanya berasal dari obligasi (cost of bond) dapat dihitung dengan menggunakan cara seperti perhitungan tingkat pendapatan investasi dalam obligasi dengan rumus singkat (short cut) dan metode present value.

1) Metode singkat (short cut formula)

Biaya modal hutang jangka panjang (obligasi) dengan metode ini menggunakan rumus:

image

2) Metode nilai sekarang (present value)

Perhitungan biaya modal dari hutang jangka panjang (obligasi) dengan menggunakan tabel present value sering disebut metode accurate.

Mengapa dikatakan metode accurate?

Metode ini sudah memperhatikan nilai waktu uang, yaitu dengan menilai pendapatan yang akan diperoleh investor di masa datang untuk dinilai sekarang (present value). Kembali diingatkan bahwa penyelesaian metode ini agak sulit karena menggunakan cara coba-coba (trial and error) dalam menentukan tingkat return yang dapat menyamakan pendapatan yang diharapkan dengan nilai pasar obligasi saat sekarang.

Formula yang digunakan untuk menghitung nilai obligasi adalah:

image

atau

image

atau

image