Apa yang dimaksud dengan Biaya Harga Marjinal atau Marginal Cost Pricing?

Marginal Cost Pricing?

Biaya Harga Marjinal atau Marginal Cost Pricing adalah kebijakan penetapan harga barang atau jasa sama dengan biaya marjinal dalam memproduksinya. Jika permintaan pada harga ini sama dengan output, dapat dikatakan bahwa penetapan harga biaya marjinal adalah optimal karena biaya dan manfaat marjinal sama.

Referensi

Black, John. (1997). Dictionary of Economics-Oxford University Press. New York: Oxford University Press

Definisi Harga Biaya Marjinal

Penetapan harga biaya marjinal adalah praktik menetapkan harga suatu produk pada atau sedikit di atas biaya variabel untuk memproduksinya. Pendekatan ini biasanya berkaitan dengan situasi penetapan harga jangka pendek. Situasi ini biasanya muncul dalam salah satu kondisi berikut:

  • Perusahaan memiliki sejumlah kecil sisa kapasitas produksi yang tidak terpakai yang ingin digunakan
  • Perusahaan tidak dapat menjual dengan harga yang lebih tinggi

Dalam kedua kasus tersebut, penjualan dimaksudkan secara bertahap. Mereka tidak dimaksudkan sebagai strategi penetapan harga jangka panjang, karena harga yang ditetapkan serendah ini tidak dapat diharapkan untuk mengimbangi biaya tetap bisnis.

Keuntungan dan Kerugian dari Penetapan Harga Biaya Marginal

Penetapan harga biaya marjinal dapat memberi keuntungan. Perusahaan akan mendapat keuntungan jika ada penambahan pelanggan pada kelompok pembeli yang sensitif terhadap harga, dalam artian mereka menyukai produk dengan harga tinggi.

Selain keuntungan tersebut, terdapat beberapa kerugian yang akan dihadapi oleh perusahaan apabila menggunakan metode penetapan harga biaya marjinal. Dalam jangka panjang, perusahaan akan mengalami kerugian karena harga yang tidak mencakup biaya tetap perusahaan.

Selain itu, perusahaan mana pun yang secara rutin menggunakan metodologi ini untuk menentukan harga mungkin memberikan margin yang sangat besar yang dapat diperolehnya jika ia menetapkan harga pada atau mendekati harga pasar yang berakibat pada pengabaian harga pasar.

Pelanggan juga akan mengalami kerugian jika sebuah perusahaan secara rutin melakukan penetapan harga biaya marjinal dan kemudian mencoba menaikkan harganya. Pelanggan yang sensitif atas perubahan harga akan segera meninggalkan perusahaan tersebut.

Referensi

Britannica, The Editors of Encyclopaedia. “Marginal-cost pricing”. Encyclopedia Britannica , 9 Mar. 2020, https://www.britannica.com/topic/marginal-cost-pricing. Accessed 15 April 2021.