Apa yang dimaksud dengan Beton ?

konstruksi

Beton, didalam ilmu teknik sipil dan bangunan, merupakan bahan bangunan komposit yang terbuat dari kombinasi aggregat dan pengikat semen. Bentuk paling umum dari beton adalah beton semen, yang terdiri dari agregat mineral (biasanya kerikil dan pasir), semen dan air.

Apa yang dimaksud dengan Beton ?

Beton adalah campuran antara semen portland atau semen hidrolik yang lain, agregat halus, agregat kasar dan air, dengan atau tanpa bahan tambahan yang membentuk massa padat (SNI, 2002).

Beton saat ini menjadi material yang banyak dipilih dan diminati. Beton mudah dibuat menjadi berbagai bentuk, tidak memerlukan tenaga yang sangat ahli dalam pembangunan, tidak memerlukan perawatan pasca pembangunan dan dari segi ekonomis bahan beton adalah paling murah bila dibandingkan konstruksi baja atau kayu, serta tahan terhadap bahaya kebakaran.

Beton yang baik adalah beton yang mempunyai kuat tekan yang tinggi, kuat tarik tinggi, kuat lekat tinggi, rapat air tahan aus, tahan cuaca (panas, dingin, sinar matahari, hujan), tahan terhadap zat-zat kimia (terutama sulfat), susutan pengerasanya kecil, elastisitasnya (modulus elastisitas) tinggi.

Berdasarkan kelas dan mutu beton, terdapat tiga jenis beton, yaitu:

  • Beton kelas I, yaitu beton untuk pekerjaan-pekerjaan non struktural. Untuk pelaksanaannya tidak diperlukan keahlian khusus. Pengawasan mutu hanya dibatasi pada pengawasan ringan terhadap mutu bahan-bahan, sedangkan terhadap kekuatan tekan tidak disyaratkan pemeriksaan. Mutu kelas I dinyatakan dengan B0.

  • Beton kelas II, yaitu beton untuk pekerjaan-pekerjaan struktural secara umum. Pelaksanaannya memerlukan keahlian yang cukup dan harus dilakukan di bawah pimpinan tenaga-tenaga ahli. Beton kelas II dibagi dalam mutu-mutu standar B1, K 125, K 175, dan K 225. Pada mutu B1, pengawasan mutu hanya dibatasi pada pengawasan terhadap mutu bahan-bahan sedangkan terhadap kekuatan tekan tidak disyaratkan pemeriksaan. Pada mutu-mutu K 125 dan K 175 dengan keharusan untuk memeriksa kekuatan tekan beton secara kontinyu dari hasil-hasil pemeriksaan benda uji.

  • Beton kelas III, yaitu beton untuk pekerjaan-pekerjaan struktural yang lebih tinggi dari K 225. Pelaksanaannya memerlukan keahlian khusus dan harus dilakukan di bawah pimpinan tenaga-tenaga ahli. Disyaratkan adanya laboratorium beton dengan peralatan yang lengkap serta dilayani oleh tenaga-tenaga ahli yang dapat melakukan pengawasan mutu beton secara kontinyu.

1 Like

Beton merupakan salah satu bahan konstruksi yang banyak digunakan untuk bangunan rumah, gedung bertingkat, jalan, jembatan, bendungan, dan sebagainya. Dalam konstruksi bangunan, beton dapat diartikan sebagai bahan bangunan komposit yang terbuat dari campuran homogen antara agregate dan pengikat (semen).

Bentuk paling umum dari beton yaitu beton semen portland yang terdiri dari campuran homogen antara agregate halus (pasir), agregate kasar (kricak / batu split), semen, dan air. Kadang dengan bahan tambahan (aditif) yang bersifat kimiawi atau fisikal pada perbandingan tertentu.

Reaksi kimia antara semen dan air akan menyebabkan terjadinya pengerasan pada campuran beton tersebut hingga mengeras seperti batu. Beton yang telah mengeras dapat juga dikatakan sebagai batuan tiruan.

Kelebihan beton dalam konstruksi bangunan yaitu mudah dibentuk sesuai kebutuhan, memiliki kuat tekan yang tinggi, tahan terhadap temperatur tinggi, dan biaya yang murah. Banyak faktor yang mempengaruhi kuat tekan beton, diantaranya yang paling utama yaitu jenis semen dan agregate yang digunakan.

Karakteristik agregate baik yang halus maupun kasar sangat berpengaruh pada kekerasan dan kuat tekan beton. Kenyataan menunjukkan bahwa penggunaan pasir dengan butiran kristal yang keras dan tajam akan menghasilkan beton dengan kuat tekan yang lebih besar daripada penggunaan pasir halus. Pasir dengan karakteristik tersebut bisa diperoleh dari material sisa aktivitas vulkanik gunung api, seperti pasir beton Gunung Merapi .

Anda berminat dengan pasir beton kualitas SNI? Silahkan hubungi +62 822-6565-2222 [Mudzakir]