Apa yang Dimaksud dengan Besi Memiliki Sifat Allotropi?

Apa yang Dimaksud dengan Besi Memiliki Sifat Allotropi?
image
Besi memiliki simbol Fe, dengan nomor atom 26. Di alam, besi tidak diperoleh langsung dalam keadaan murni, melainkan berbentuk mineral. Mineral besi bisa berbentuk oksida seperti hematit (Fe2O3), magnetit (Fe3O4) dll. Lalu berbentuk karbonat seperti siderit (FeCO3), dan sulfida seperti pirit (FeS2). Bijih besi dihancurkan dan dipisahkan dari material pengotor seperti silika dengan proses benefisiasi. Lalu dilakukan proses peletizing.Besi sendiri memiliki struktur Kristal BCC. Besi sendiri dikenal sebagai salah satu logam yamg memiliki sifat allotropi.

Allotropi sendiri merupakan suatu keadaan dimana adanya transformasi dari satu bentuk susunan atom (sel satuan ) kebentuk susunan atom lain.Sifat alotropi dari besi yang menyebabkan variasi struktur mikro pada berbagai jenis baja. Besi memiliki tiga macam modifikasi allotropik. Besi murni cair yang didinginkan, akan mulai membeku pada 1535oC menjadi delta dengan struktur kristal BCC. Pada 1400oC akan mengalami transformasi allotropic menjadi besi gamma dengan struktur kristal FCC. Besi gamma ini tetap stabil sampai temperatur 910oC, dimana terjadi transformasi allotropik menjadi besi alpha non magnetik dengan struktur kristal BCC. Pada pendinginan selanjutnya sudah tidak lagi terjadi perubahan fase. Pada 768oC terjadi perubahan dari alpha non magnetic menjadi alpha magnetik, tetapi tidak terjadi perubahan struktur Kristal, tidak terjadi perubahan .

Sumber:

Suherman .2003. Ilmu Logam 1 .Surabaya :ITS
Van Vlack, 1985. Ilmu dan Teknologi Bahan , Edisi Kelima. Erlangga,. William D. Calister,1997. Material Science and Engineering Introduction , Fourth dition, John Willey
Cardareli.2008. Materials Handbook . Springer