Apa yang dimaksud dengan Berpikir Pararel (Parallelization) dalam Computational Thinking?

image

Berpikir Pararel adalah cara memproses informasi secara bersama-sama dalam SATU WAKTU.

Berpikir secara Pararel sangat berguna apabila kita telah melakukan dekomposisi dalam suatu masalah, karena di dalam dekompisisi, kita dapat menyelesaikan suatu masalah dengan membagi menjadi beberapa sub-masalah yang lebih sederhana sehingga masalah tersebut dapat dikerjakan secara bersama-sama.

Apa yang dimaksud dengan Berpikir Pararel (Parallelization) dalam Computational Thinking ?

Computational thinking adalah cara bagaimana kita melihat permasalahan yang ada dan menggunakan pendekatan computer science untuk menyelesaikan masalah yang dalam kehidupan kita. Computational thinking bukan hanya diterapkan pada bidang ilmu komputer tetapi bisa di terapkan pada bidang bidang lainnya. Computational thinking melatih kita untuk bisa berpikir lebih logis dan membantu kita memecahkan masalah dengan lebih efisien.

Parallelization adalah salah satu cara untuk memecahkan sebuah masalah. Parallelization atau Pemrosesan parallel adalah memproses dua atau lebih tugas pada waktu bersamaan dengan tujuan untuk mempersingkat waktu penyelesaian tugas-tugas tersebut dengan cara mengoptimalkan sumber daya (resource) yang ada untuk mencapai tujuan yang sama.

Sasaran dari pemrosesan parallel adalah untuk membuat waktu menjadi efisien karena semakin banyak sesuatu yang dikerjakan bersama akan lebih banyak juga pekerjaan yang dapat terselesaikan.