Apa yang dimaksud dengan berpikir Concurrently dalam Computational thinking ?

berpikir serentak

Proses serentak memungkinkan perhitungan lebih cepat, karena banyak tugas dijalankan bersamaan. Namun, pengolahan konkuren jauh lebih sulit diprogram.Kesamaan adalah kejadian simultan.

Kita bisa mengatakan sesuatu Concurrent saat dua proses terjadi bersamaan.

Apa yang dimaksud dengan berpikir Concurrently dalam Computational thinking ?

Dalam ilmu komputer, konkurensi adalah sifat dekomposibilitas suatu program, algoritma, atau masalah ke dalam komponen atau unit yang dipesan secara independen atau sebagian. Ini berarti bahwa bahkan jika unit bersamaan dari program, algoritma, atau masalah dieksekusi tanpa urutan atau dalam urutan parsial, hasil akhirnya akan tetap sama. Hal ini memungkinkan eksekusi paralel unit bersamaan, yang secara signifikan dapat meningkatkan kecepatan eksekusi secara keseluruhan dalam sistem multi-prosesor dan multi-core.

Bila terjadi sesuatu pada saat bersamaan, hal itu harus diselesaikan secara bersamaan. Untuk melakukan apa pun yang dilakukan secara bersamaan akan diselesaikan secara bersamaan.

Dalam komputasi, pemrosesan bersamaan berarti bahwa beberapa prosesor mengeksekusi instruksi secara bersamaan, pemrosesan bersamaan adalah saat beberapa prosesor mengeksekusi instruksi secara bersamaan. Tugas dipecah menjadi subtugas yang dapat ditugaskan ke setiap prosesor untuk tampil bersamaan

http://averagecsblog.blogspot.co.id/2016/10/thinking-concurrently.html

Concurrency atau didalam bahasa Indonesia yaitu konkurensi dikenal saat beberapa hal terjadi bersamaan. Misalnya beberapa proses yang terjadi pasti akan terjadi pada waktu bersamaan. Membangun rumah, merencanakan pesta, pembagian kerja untuk jalur produksi.

Contoh masalah dalam concurrently:

• Ambil piring kotor • Cuci piring • Keringkan piring • Letakkan piring di rak • Terus sampai tidak ada piring kotor

Bayangkan jika tujuan utama Anda adalah membersihkan piring, tapi Anda tidak punya kain lap. Satu-satunya pilihan Anda adalah mengeringkan piring di rak pengeringan. Ini jelas akan memakan waktu cukup lama, tapi Anda tidak punya pilihan selain menunggu (ingat, inilah satu-satunya tujuan Anda saat ini!) Sampai piringnya kering. Bukankah lebih bagus lagi jika Anda bisa melakukan beberapa hal lain sambil menunggu mereka mengering? Ini adalah inti dari berpikir juga bertindak secara bersamaan, sehingga sementara Anda menunggu proses itu selesai, Anda dapat memeriksa email Anda di telepon Anda, pergi ke toilet, membuat makan malam, dll.

Cara berpikir secara bersamaan

  • Tentukan bagian-bagian dari suatu masalah yang dapat ditangani pada waktu bersamaan.

  • Garis bawahi manfaat yang mungkin dihasilkan dari berpikir atau bertindak bersamaan dalam situasi tertentu.

Ketika memecahkan suatu masalah ada unsur-unsur daripada yang bisa ditangani secara bersamaan dan ini jelas ditunjukkan dalam proses pembangunan rumah. Dinding tidak dapat dipasang sebelum pondasi berada di tempat.

Konkurensi dapat digunakan dalam manajemen proyek dan pengembangan perangkat lunak di mana beberapa tugas dilaksanakan pada waktu yang bersamaan. Lihat bagan Gantt di bawah ini untuk sebuah contoh.

Komputasi konkuren adalah bentuk komputasi dimana beberapa perhitungan dijalankan selama periode waktu yang tumpang tindih - secara bersamaan - lebih tepatnya secara berurutan (satu selesai sebelum dimulai berikutnya). Kita juga bisa memanggilnya pemrograman asinkron. Dalam hal ini, kami memprogram untuk memanfaatkan waktu pemrosesan CPU yang tidak aktif. Daripada memproses satu tugas, tunggu, dan kemudian proseskan tugas lain, kita bisa mengolah tugas kedua saat kita menunggu tugas pertama selesai.

Cara berpikir secara bersamaan :

  • Tentukan bagian-bagian dari suatu masalah yang dapat ditangani pada waktu bersamaan.

  • Garis bawahi yang menguntungkan yang mungkin dihasilkan dari proses berpikir di dalam situasi tertentu.

Saat memecahkan masalah ada unsur-unsur daripada yang bisa ditangani secara bersamaan dan ini ditunjukkan dengan jelas di proses pembangunan rumah. Dinding tidak dapat dipasang sebelum pondasi di buat.

Bagaimana ini dapat memecahkan masalah

Pengolahan bersamaan meningkatkan kecepatan dan efisiensi pemecahan masalah. Jika Anda dapat memproses banyak tugas secara bersamaan, Anda akan menghemat waktu pemrosesannya secara berurutan (satu per satu).

Bagaimana cara mengevaluasi konkurensi

Tanyakan pada diri sendiri:

  • Apakah solusi ini menghemat uang kita?
  • Apakah solusi ini menghemat waktu kita?
  • Apakah ini masuk akal (bisakah Anda menyiapkan makan pagi dan mengendarai sepeda Anda pada saat bersamaan?)
Referensi

https://computersciencewiki.org/index.php/Concurrency#cite_note-2
http://www.ocr.org.uk/Images/253686-thinking-concurrently-delivery-guide.pdf
https://computersciencewiki.org/index.php/Concurrency