Apa yang dimaksud dengan batik Cap?

Macam-macam metode pembuatan batik adalah tulis, cap, cetak, print dan lukis. Hanya dengan mendengar namanya saja, pasti anda sudah memiliki bayangan tentang bagaimana cara produksi batik dengan metode-metode tersebut. Apa yang dimaksud dengan batik Cap?

Pada abad 19, permintaan batik dipasaran meluap tajam. Produsen batik mencari-cari cara untuk memenuhi luapan permintaan tersebut sehingga bisa memproduksi batik dengan lebih cepat dengan jumlah banyak. Sehingga terciptalah metode cap ini, dimana lempengan besi atau tembaga yang bermotif digunakan untuk membubuhkan malam atau lilin diatas permukaan kain Mori. Nah, lempengan ini akhirnya sampai sekarang disebut dengan cap, sehingga jadilah nama batik cap.

Biasanya yang namanya batik cap itu motifnya berulang ulang, dan tidak rumit. Walaupun tidak rumit, batik cap masih dianggap batik yang kualitasnya sangat baik. Batik cap masih menggunakan malam dalam proses pembuatannya, sehingga masih dianggap sebagai batik yang authentik.

Harga batik cap pada umumnya juga tidak terlalu mahal, biasanya harganya dibawah 300.000 IDR. Batik cap merupakan bukti perkembangan budaya batik di Indonesia, karena metode ini tercipta atas meningkatnya peminat batik pada abad 19 silam.