Apa yang dimaksud dengan barang mentah?

barang mentah

Barang mentah adalah barang yang belum mengalami proses pengolahan sama sekali, Contoh dari barang mentah adalah: hasil perhutanan (kayu, damar, rotan, karet mentah, dan lainnya), perkebunan (teh, tembakau, kopi, dan lainnya), pertanian padi, jagung, dan lainnya), serta hasil pertambangan (minyak bumi, perak, batu bara, dan lainnya).

3 Likes

Bahan mentah atau juga dikenal sebagai bahan baku, bahan yang tidak diproses, atau komoditas primer adalah bahan dasar yang digunakan untuk memproduksi barang, produk jadi, energi, atau bahan setengah jadi yang menjadi bahan baku untuk produk jadi di masa yang akan datang. Sebagai bahan mentah, istilah ini berkonotasi sebagai bahan-bahan yang diperlukan untuk menghasilkan produk lain. Contohnya adalah minyak mentah, bahan baku yang digunakan untuk menghasilkan berbagai produk termasuk semua jenis furnitur. Istilah “bahan mentah” menunjukkan bahan dalam kondisi yang tidak diproses atau diproses secara minimal; misalnya, lateks mentah, minyak mentah, kapas, batubara, biomassa mentah, bijih besi, udara, kayu bulat, air, atau "produk pertanian, kehutanan, perikanan atau mineral dalam bentuk alami atau yang telah mengalami transformasi yang diperlukan untuk menyiapkannya pemasaran internasional dalam volume besar.

Dalam Business Dictionary, bahan mentah diartikan sebagai suatu zat dalam keadaan alami yang akan digunakan untuk membuat sesuatu yang lain dalam proses industri:

  • Biaya / harga bahan baku.
  • Peningkatan biaya operasi disebabkan oleh biaya energi yang lebih tinggi dan kenaikan harga bahan baku seperti bijih besi.

Tempat-tempat dengan bahan mentah berlimpah dan pengembangan ekonomi yang lambat sering menunjukkan fenomena yang dikenal sebagai “Dutch Disease” atau "kutukan sumber daya” yang terjadi ketika ekonomi suatu negara didasarkan pada aktivitas ekspor karena metode tata kelolanya yang rendah.

Referensi
  1. Wolf, Jakob (15 January 2010). Schnellkurs HGB-Jahresabschluss: Das neue Bilanzrecht: Richtig vorgehen — erfolgreich umstellen. Walhalla Fachverlag.
  2. Christophe Degryse, L’économie en 100 et quelques mots d’actualité, De Boeck, 2005.
  3. Bernard Tchibambelela, Le commerce mondial de la faim: stratégie de rupture positive au Congo-Brazzaville, Éditions L’Harmattan, 2009.
  4. https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/raw-material. diakses pada 12 Mei 2020.