Apa yang dimaksud dengan Bandwidth ?

jaringan_komputer

(Abdul Latif) #1

Bandwidth atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu.

Apa yang dimaksud dengan Bandwidth ?


(Sausan Zahrah) #2

Dalam dunia komputer, bandwidth diartikan sebagai kapasitas maksimum data atau informasi yang ditransfer. Pada dasarnya, bandwidth mengukur seberapa cepat data dapat terkirim di dalam sebuah koneksi nirkabel, yang diukur dengan bits per second. Berbeda dengan throughput atau goodput, yang berarti ukuran rata-rata dari data yang berhasil ditransfer dalam sebuah komunikasi. Namun begitu, masyarakat masih sering salah mengartikan throughput sebagai bandwidth, begitupun sebaliknya.
Contoh bandwidth seperti saat Anda terhubung ke internet dengan menggunakan modem, pada OS perangkat Anda tertulis “Connected at 56 kbps” yang berarti data maksimum yang dapat ditransfer hanya sebesar 56 kilobits setiap detik. Semakin besar bandwidth pada komputer, maka semakin cepat komputer tersebut dapat menerima dan mengirim data atau informasi. Pengguna dengan koneksi broadband dapat melakukan transfer data dengan kecepatan mencapai 10 Gbps, yang berarti 180.000 kali lebih cepat daripada modem berkecepatan 56 kbps.
Koneksi broadband memiliki kecepatan berbeda dalam menerima maupun mengirim data dar satu tempat ke tempat yang lain, karena saat ini paket data dikirim melalui kabel elektronik ataupun kabel serat fiber sehingga kecepatan transfer data dapat berubah.

Upload dan Download


Kecepatan unduhan mengukur kecepatan seberapa cepat komputer Anda dapat menerima file dari internet. Sedangkan kecepatan unggahan adalah kecepatan komputer untuk mengirim data ke internet. Dan dalam suatu koneksi, kecepatan unduhan pastilah lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan dalam mengunggah data.

Asymptotic Bandwidth


Asymptotic bandwidth bagi suatu jaringan adalah ukuran maksimum throughput pada sumber data yang sangat mengambil banyak data, contohnya seperti ukuran pesan yang tidak terbatas. Asymptotic bandwidth biasanya diperkirakan dengan mengirim sejumlah pesan yang sangat besar ke internet, mengukur end-to-end throughput.

Multimedia Bandwidth


Multimedia bandwidth merupakan nama lain dari digital bandwidth yang berarti jumlah total data yang dibagi oleh waktu pemutaran.

Referensi

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Bandwidth_(computing)
www.computerhope.com/jargon/b/bandwidt.htm
techterms.com/definition/bandwidth