Apa yang dimaksud dengan Bahasa Pemograman Java?


Java API telah menyediakan fungsionalitas yang memadai untuk menciptakan applet dan aplikasi canggih. Jadi ada dua hal yang harus dipelajari dalam Java, yaitu mempelajari bahasa Java dan bagaimana mempergunakan kelas pada Java API. Kelas merupakan satu-satunya cara menyatakan bagian eksekusi program, tidak ada cara lain. Pada Java program javac untuk mengkompilasi file kode sumber Java menjadi kelas-kelas bytecode . File kode sumber mempunyai ekstensi *.java. Kompilator javac menghasilkan file bytecode kelas dengan ekstensi *.class. Interpreter merupakan modul utama sistem Java yang digunakan aplikasi Java dan menjalankan program bytecode Java.

Apa yang dimaksud dengan Bahasa Pemograman Java ?

Berdasarkan wikipedia, bahasa pemrograman Java adalah “general-purpose computer-programming language that is concurrent, class-based, object-oriented, and specifically designed to have as few implementation dependencies as possible”

General-purpose computer-programming language
Java sebagai bahasa pemrograman umum yang bisa digunakan untuk membuat berbagai aplikasi,seperti aplikasi desktop, website, aplikasi mobile, hingga embedded device seperti microprocessor atau perangkat pintar.Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang secara khusus digunakan untuk pembuatan aplikasi tertentu. Sebagai contohnya, bahasa pemrograman PHP secara khusus dipakai untuk pembuatan website.

Concurrent
Teori komputasi, concurrent programming merupakan fitur yang digunakan untuk menjalankan banyak hal dalam satu waktu. Memiliki lawan kata yaitu sequential programming , dimana alur pemrograman di proses secara berurutan dari awal hingga akhir. Umumnya, concurrent programming akan meningkatkan performa aplikasi yang dibuat.

Class-based, object-oriented
Fitur paling terkenal di bahasa Java, yakni pemrograman berbasis object. Berbeda dengan kebanyakan bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman prosedural dan object sekaligus (seperti C++ , PHP , atau Python ), bahasa Java hanya menyediakan konsep object saja.

Fitur pemrograman object ini memang akan memudahkan dalam pembuatan aplikasi yang kompleks, namun di sisi lain ini juga membuat bahasa Java relatif lebih susah dipelajari terutama bagi pemula. Konsep pemrograman object baru pas dipelajari jika sebelumnya anda sudah pernah belajar bahasa pemrograman procedural, seperti bahasa Pascal, C, atau C++.

Designed to have as few implementation dependencies as possible

Moto bahasa java “ Write once, run anywhere “, yang menekankan bahwa satu kode kode program Java yang kita tulis, bisa langsung berjalan di banyak perangkat dan berbagai sistem informasi, tanpa perlu di-compile ulang.

Untuk mendapatkan fitur seperti ini, bahasa Java menggunakan konsep byte code dan JVM (Java Virtual Machine). Penjelasan lebih lengkap tentang byte code dan JVM ini akan kita bahas dalam tutorial selanjutnya.Bahasa Java terbagi ke dalam beberapa bidang teknologi sesuai dengan target sistem yang dirancang. Diantaranya:

  • Java Micro Edition (Java ME) : berfungsi untuk membuat aplikasi di perangkat kecil (embedded system) dengan komputasi yang terbatas, seperti kalkukator, tv box, jam tangan, dll.
  • Java Standard Edition (Java SE) : berfungsi untuk perangkat komputer desktop atau server.
  • Java Enterprise Edition (Java EE) : berfungsi untuk perangkat besar serta aplikasi internet.

Sampa ini bahasa Java tetap menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer. Dan karena penggunaannya untuk membuat perangkat android, membuat bahasa Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang wajib dipelajari