Apa yang dimaksud dengan Aturan Simetri didalam fotografi ?

komposisi

( Aurora Ridha Zetana) #1

Aturan Simetri didalam fotografi

Arti simetri, menurut KBBI, adalah seimbang (tentang bentuk, ukuran, dan sebagainya) dan selaras. Apa yang dimaksud dengan Aturan Simetri didalam fotografi ?


(Alrescha Nero Ardiaz) #2

Didalam komposisi fotografi, Aturan Simetri tercapai pada saat satu sisi gambar menyeimbangkan atau mencerminkan sisi yang lainnya. Jika Anda menemukan simetri pada subjek yang Anda bidik, tekankan dengan cara menempatkannya di bagian tengah sehingga fokus pemirsa langsung jatuh padanya.

Aturan Simetri dalam fotografi

Aturan Simetri dalam fotografi

Mengapa anda perlu menerapkan aturan simetri atau rule of symmetry dalam fotografi ?

Simetri menghasilkan komposisi yang sangat menarik perhatian karena menambahkan keseimbangan visual dan harmoni pada sebuah gambar. Ini juga merupakan salah satu cara yang paling sederhana dan paling menarik untuk menentukan komposisi suatu foto.

Aturan Simetri dalam fotografi

Bagaimana cara menentukan komposisi foto dengan menggunakan aturan simetri atau rule of symmetry dalam fotografi ?

Vertikal

Garis terlihat di tengah subjek dari atas ke bawah sehingga menciptakan sisi kiri dan sisi kanan yang sama besar. Carilah objek dengan garis vertikal seperti detail arsitektur, pintu, jalan, pepohonan dll.

Aturan Simetri dalam fotografi

Horizontal

Aturan Simetri dalam fotografi

Garis yang terlihat di tengah subjek dari kiri ke kanan menciptakan sisi atas dan sisi bawah yang serupa. Carilah objek dengan garis horizontal seperti pantulan di langit atau di garis pantai.


Bagaimanakah cara menyusun komposisi foto agar subjek utama lebih menarik?