Apa yang dimaksud dengan aturan simetri dalam fotografi?

aturan simetri

Arti simetri, menurut KBBI, adalah seimbang (tentang bentuk, ukuran, dan sebagainya) dan selaras. Sesuatu yang simetris atau sesuatu yang memiliki pola secara umum memang memanjakan mata. Kita bisa memotret sesuatu yang simetris mau pun yang berpola untuk menangkap perhatian orang yang melihat. lalu Apa yang dimaksud dengan Aturan Simetri dalam fotografi ?

Didalam komposisi fotografi, Aturan Simetri tercapai pada saat satu sisi gambar menyeimbangkan atau mencerminkan sisi yang lainnya. Jika Anda menemukan simetri pada subjek yang anda bidik, tekankan dengan cara menempatkannya di bagian tengah sehingga fokus pemirsa langsung jatuh padanya.

Aturan Simetri dalam fotografi

Aturan Simetri dalam fotografi

Mengapa anda perlu menerapkan aturan simetri atau rule of symmetry dalam fotografi ? Simetri menghasilkan komposisi yang sangat menarik perhatian karena menambahkan keseimbangan visual dan harmoni pada sebuah gambar. Ini juga merupakan salah satu cara yang paling sederhana dan paling menarik untuk menentukan komposisi suatu foto.

Aturan Simetri dalam fotografi

Bagaimana cara menentukan komposisi foto dengan menggunakan aturan simetri atau rule of symmetry dalam fotografi ?


  1. Vertikal
    Garis terlihat di tengah subjek dari atas ke bawah sehingga menciptakan sisi kiri dan sisi kanan yang sama besar. Carilah objek dengan garis vertikal seperti detail arsitektur, pintu, jalan, pepohonan dll.

Aturan Simetri dalam fotografi

  1. Horizontal
    Garis yang terlihat di tengah subjek dari kiri ke kanan menciptakan sisi atas dan sisi bawah yang serupa. Carilah objek dengan garis horizontal seperti pantulan di langit atau di garis pantai.

Aturan Simetri dalam fotografi

ATURAN SIMETRI DALAM FOTOGRAFI


Cara termudah untuk menggambarkan simetri dalam komposisi fotografi adalah bahwa jika Anda melipat foto simetris menjadi dua, di sepanjang garis simetri, Anda akan memiliki dua foto yang identik. Artinya, jika foto tersebut memiliki simetri yang tepat. Komposisi simetris tidak harus ada di seluruh gambar untuk memiliki simetri. Bagian bingkai bisa simetris. Atau Anda bisa mendekat dan berkonsentrasi hanya pada simetri, sehingga semua detail lainnya terpotong.

Terlebih lagi, simetri tidak harus sempurna. Bahkan, sedikit celah dalam simetri bisa sangat menarik. Inilah mengapa ini bekerja. Gambar simetris menarik perhatian. Setelah Anda mendapatkan perhatian pemirsa dan mereka masuk untuk melihat lebih dekat, celah dalam simetri menarik perhatian dan memberikannya tempat untuk menikmati

Simetri yang terpecah juga dapat menimbulkan ketegangan pada suatu gambar, yang secara otomatis membuatnya lebih menarik.

DIMANA MENEMUKAN SIMETRI DALAM KOMPOSISI FOTOGRAFI?


Ketika Anda mulai mencari, Anda akan terkejut dengan betapa banyak simetri yang Anda lihat di sekitar Anda, baik buatan manusia dan alami. Tapi pertama-tama, mari kita lihat jenis-jenis simetri.

Jenis-jenis Simetri:

  1. Simetri Vetikal
    Bangunan dan jalan secara alami menjadi subjek yang baik untuk gambar yang disusun secara simetris. Jika jalan ditempatkan secara terpusat dalam komposisi, garis di tengah sudah membagi gambar menjadi dua.

    Kolom juga merupakan contoh simetri vertikal dalam komposisi fotografi.
    Jalan bagus untuk simetri vertikal. Dalam contoh ini, meskipun sisi-sisi jalan berbeda, mereka tampak simetris.

    Jika Anda memotret arsitektur, simetri dalam komposisi cukup bersih dan jelas, tetapi ketika Anda memotret orang, itu bisa jadi kurang. Namun, simetri masih ada. Mengatur tamu pernikahan dalam dua baris untuk pengantin melalui tengah sementara para tamu melemparkan confetti adalah contoh yang bagus tentang mengapa simetri dalam komposisi fotografi bekerja. Terlepas dari kenyataan bahwa dengan cara itu semua tamu dapat berpartisipasi dalam tradisi confetti, garis-garis tamu yang simetris longgar membuat komposisi yang menarik dan mengarahkan penonton ke pengantin di tengah.

    Berbicara tentang pernikahan. Tembakan dari belakang gereja di lorong, dengan ujung bangku di kedua sisi lorong dalam bingkai adalah komposisi simetris. Ini juga mengarahkan penampil ke titik fokus, pengantin di tengah-tengah gambar.

  2. Simetri Horizontal
    Refleksi adalah contoh simetri horisontal yang bagus. Saat memotret refleksi, sangat mudah untuk menggabungkan simetri dengan aturan pertiga, yang sebaliknya tampaknya merupakan kontradiksi. Jika titik minat utama Anda adalah pada bagian melintang dari aturan pertiga dan pemandangannya tercermin dalam air, Anda akan secara alami menggabungkan kedua aturan komposisi ini.

  3. Simetri Radial
    Gambar yang terpancar dari titik pusat memiliki simetri radial, seperti:
    • Jari-jari pada roda sepeda
    • Kelopak bunga aster
    • Riak air yang melingkar ketika sebuah batu dilemparkan ke dalam kolam

APA YANG MEMBUAT SIMETRI BAGUS DALAM KOMPOSISI FOTOGRAFI?


Seperti dengan aturan komposisi lainnya, agar gambar simetris menjadi menarik, komposisi juga harus kuat. Pasti ada sesuatu yang menarik mata Anda ke gambar dan membuat Anda ingin berlama-lama di sana. Titik fokus yang kuat menarik perhatian penonton dan menarik minat mereka.

KESEIMBANGAN SIMETRI DALAM FOTO


Simetri dalam komposisi fotografi dicapai ketika dua bagian gambar memiliki bobot yang sama. Ini juga dikenal sebagai keseimbangan formal, atau keseimbangan simetris. Namun, simetri ini tidak harus literal dalam arti satu setengah gambar persis mencerminkan yang lain. Simetri juga dapat dicapai ketika elemen yang berbeda digunakan untuk tampil simetris.

Simetri dalam komposisi fotografi tidak perlu menjadi gambar cermin dari dua bagian. Gambar dapat tampak simetris jika kedua bagian terbuat dari elemen yang sama.

DI MANA MENEMUKAN SIMETRI DALAM KOMPOSISI FOTOGRAFI?


Ketika Anda mulai mencari, Anda akan terkejut dengan betapa banyak simetri yang Anda lihat di sekitar Anda, baik buatan manusia dan alami. Berikut adalah beberapa ide untuk membantu Anda memulai:
• Rak-rak rilis baru di toko buku
• Deretan jendela
• Satu rak penuh sepeda
• Barisan lavender tumbuh di ladang
• Genangan air, danau, air datar

Sumber: