Apa yang dimaksud dengan Aturan Ruang atau Rule of Space didalam fotografi?

aturan ruang atau rule of space

Rule of Space atau Aturan Ruang adalah sebuah teknik yang menciptakan rasa gerak, aktivitas atau kesimpulan dalam komposisi Anda. Aturan ini hanya melibatkan menciptakan ruang negatif yang berhubungan dengan subjek Anda.

Misalnya, jika Anda menempatkan ruang negatif di luar kepala subjek Anda dalam sebuah potret, Anda menyiratkan mungkin ada pemikiran yang sedang terjadi - terutama jika Anda mengarahkan mata subjek Anda ke arah ruang negatif.

Apa yang dimaksud dengan Aturan Ruang atau Rule of Space didalam fotografi ?

1 Like

Aturan Ruang atau Rule of Space atau terkadang dikenal sebagai Aturan Pandangan atau Rule of Gaze adalah sebuah aturan yang bertugas untuk mengamati bagaimana sebuah ruang yang ada didalam foto harus diatur secara relatif terhadap subjek dalam foto. Aturan ini memanfaatkan ruang negatif untuk lebih menonjolkan subjek utama yang ada pada Anda dan menarik perhatian orang yang melihat karya Anda pada subyek utama tersebut secara otomatis.

Ruang negatif didalam foto

Teknik ini menciptakan ruang negatif yang berhubungan dengan subjek utama Anda
sehingga menyiratkan gerak, aktivitas atau kesimpulan dalam komposisi Anda. Ruang
negatif berfungsi untuk menentukan dan memberikan penekanan terhadap subjek utama, sehingga dapat menuntun pandangan mata Anda padanya.

Untuk mencapai komposisi yang lebih menarik, gunakan ruang negatif untuk menyeimbangkan komposisi Anda dengan subjek.

Mengapa Anda harus menggunakan Aturan Ruang dalam fotografi Anda ?

1.Untuk menampilkan gerakan dan kecepatan

Aturan Ruang atau Rule of Space dalam fotografi

Tinggalkan ruang negatif di depan subjek sehingga orang-orang yang melihat karya Anda merasa seakan-akan subjek sedang bergerak dan menuju ke ruang tersebut.

2.Menghasilkan kedalaman dan menambah pesona pada foto Anda

Aturan Ruang atau Rule of Space dalam fotografi

Tambahkan ruang negatif ke arah pandangan subjek untuk menarik perhatian orang-orang yang melihat karya Anda pada ruang negatif dan bertanya-tanya apa yang mungkin terjadi di luar foto.

3.Untuk menunjukkan keluasan dan keagungan

Aturan Ruang atau Rule of Space dalam fotografi

Seimbangkan ruang negatif yang besar dengan subjek Anda untuk menunjukkan seberapa kecil perbandingannya, meskipun subjeknya akan tampak besar bagi kita dalam jarak dekat.

Bagaimana cara menggunakan Aturan Ruang saat menentukan komposisi foto Anda ?

Gunakan ruang negatif untuk menyeimbangkan ruang positif. Sebagai aturan praktis,
komposisi sebuah foto harus memiliki ruang negatif sebanyak dua kali lipat dibandingkan dengan ruang positif. Aturlah banyak ruang di sekitar subjek Anda untuk menciptakan kesan kesederhanaan, yang membantu orang-orang yang melihat foto Anda lebih fokus pada subjek tanpa membuat komposisi foto Anda terlihat terlalu canggung.

Berikut adalah tips saat menerapkan Aturan Ruang pada fotografi Anda,

  • Ruang negatif Anda tidak harus selalu berwarna putih. Ruang negatif usahakan untk tetap sederhana dan teratur.

  • Tempatkan subjek Anda pada persimpangan Aturan Sepertiga, sehingga ruang negatif menempati banyak ruang. Ini membantu untuk memfokuskan orang-orang yang melihat foto Anda hanya pada subjek utama dan menghasilkan komposisi yang lebih kuat.

  • Mainkan dengan ruang yang sangat negatif sehingga orang-orang yang melihat foto Anda harus mencari subjek utama, sehingga membuat komposisi foto Anda menjadi lebih menarik.

Aturan Ruang atau Rule of Space dalam fotografi

Aturan Ruang atau Rule of Space dalam fotografi

Aturan Ruang atau Rule of Space dalam fotografi

Aturan Ruang atau Rule of Space dalam fotografi

Aturan Ruang atau Rule of Space dalam fotografi

Catatan

Aturan Ruang atau Rule of Space dalam fotografi

Pada foto diatas, terlihat seperti melawan aturan ruang, dimana badan rusa berada di kiri sedangkan ruang negatifnya berada di kanan. Dalam kasus Aturan Ruang, Arah mata menjadi fokus utama, bukan badan. Jadi kemana arah mata memandang, disitulah ruang negatfi berada.