Attention-Deficit/Hyperactive Disorder atau ADHD adalah nama yang diberikan untuk anak-anak, remaja, dan beberapa orang dewasa, yang kurang mampu meperhatikan, mudah dikacaukan, dengan over aktif, dan juga impulsif. ADHD adalah suatu gangguan neurobiologi, dan bukan penyakit yang mempunyai penyebab yang spesifik. Banyak macam faktor yang disebut sebagai penyebab ADHD (Millichap, 2013).
Sejalan dengan itu, Baihaqi dan Sugiarman (2006) juga didefinisikan secara umum bahwa, ADHD adalah kondisi anak-anak yang memperlihatkan ciri-ciri atau gejala kurang konsentrasi, hiperaktif dan impulsif yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan sebagian besar aktivitas hidup mereka.
Peters dan Douglas mendiskripsikan “attention deficit hyperactivity disorder” (ADHD), sebagai gangguan yang menyebabkan individu memiliki kecenderungan untuk mengalami masalah pemusatan perhatian, kontrol diri, dan kebutuhan untuk selalu mencari stimulasi.
Menurut Barkley (2006), ADHD adalah hambatan untuk mengatur dan mempertahankan perilaku sesuai peraturan dan akibat dari perilaku itu sendiri. Gangguan tersebut berdampak pada munculnya masalah untuk menghambat, mengawali, maupun mempertahankan respon pada suatu situasi.
Menurut Baihaqi & Sugiarman (2006), ADHD merupakan suatu gangguan kronis (menahun) yang dapat dimulai pada masa bayi dan dapat berlanjut sampai dengan dewasa. Gangguan anak ADHD dapat berpengaruh negatif terhadap kehidupan anak di sekolah, di rumah, di dalam komunitasnya.
Menurut DSM-IV (APA 1994) secara khas menggambarkan bahwa ADHD merupakan kesatuan dari tiga rangkaian kurangnya perhatian, hiperaktif dan juga impulsif. Pengertian itu didukung oleh hasil observasi yang dipimpin Russell Barkley dan kawan-kawan yang menggambarkan ADHD sebagai ketidakmampuan untuk menghambat, bukan ketidakmampuan memperhatikan dalam diri mereka.
Anak ADHD yang tidak mampu melakukan pengereman, maka mereka :
- Tidak mampu menahan gangguan : kurang memperhatikan
- Tidak mampu mengontrol pemikiran : Impulsif
- Tidak mampu mengontrol tindakan seperti gangguan atau :pikiran Hiperaktif.
DSM-IV (APA 2000) menggambarkan ADHD sebagai gangguan yang dapat dideteksi sebelum anak usia 7 tahun, namun dalam prakteknya banyak orang yang tidak mendiagnosis hal ini sampai dengan usianya bertambah. ADHD dibagi menjadi 3 subtipe: tipe predominan tidak adanya perhatian, tipe predominan hiperaktif/impulsif, dan tipe kombinasi yang ditandai oleh tidak adanya perhatian dan hiperaktivitas-impulsivitas tingkat tinggi.
Taraf kecerdasan anak ADHD pada umumnya bervariasi dari di bawah rata-rata maupun lebih tinggi. Anak dengan ADHD cenderung memiliki skor rendah pada subtes WISC dari peringkat terendah, yaitu object assembly, picture arrangement, information, comprehension, digit span, dan block design. Subtes-subtes tersebut mencerminkan berbagai keterbatasan yang dialami dalam hal visual motor coordination, visual perception, organization, visual-spatial relationship and field dependence, sequence ability, planning ability, effects of uncertainty, and social sensitivity. Dengan berbagai keterbatasan tersebut anak dengan ADHD mengalami masalah perilaku, sosial, kognitif, akademik, dan emosional, serta mengalami hambatan dalam mengaktualisasikan potensi kecerdasannya (Ferdinand, 2007).
Aktivitas dan kegelisahan pada anak ADHD menghambat kemampuan mereka di sekolah. Mereka tampak tidak dapat duduk dengan tenang, mereka gelisah dan bergerak-gerak di kursi, mengganggu kegiatan anak lain, mudah marah dan dapat melakukan perilaku yang berbahaya seperti berlari ke jalan tanpa melihat keadaan dijalan terlebih dahulu (Nevid J.F. dkk, 2003: 160).
Karakteristik ADHD (Attention Deficit Hyperactive Disorder)
Menurut DSM IV, kriteria ADHD adalah sebagai berikut :
1. Kurang Perhatian
Pada kriteria ini, penderita ADHD paling sedikit mengalami enam atau lebih dari gejala-gejala berikutnya, dan berlangsung selama paling sedikit 6 bulan sampai suatu tingkatan yang maladaptif dan tidak konsisten dengan tingkat perkembangan.
-
Seringkali gagal memerhatikan baik-baik terhadap sesuatu yang detail atau membuat kesalahan yang sembrono dalam pekerjaan sekolah dan kegiatan-kegiatan lainnya.
-
Seringkali mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian terhadap tugas-tugas atau kegiatan bermain.
-
Seringkali tidak mendengarkan jika diajak bicara secara langsung
-
Seringkali tidak mengikuti baik-baik intruksi dan gagal dalam menyelesaikan pekerjaan sekolah, pekerjaan, atau tugas ditempat kerja (bukan disebabkan karena perilaku melawan atau gagal untuk mengerti intruksi).
-
Seringkali mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas dan kegiatan
-
Sering kehilangan barang/benda penting untuk tugas-tugas dan kegiatan, misalnya kehilangan permainan; kehilangan tugas sekolah; kehilangan pensil, buku, dan alat tulis lainnya.
-
Seringkali menghindar, tidak menyukai atau enggan untuk melaksanakan tugas-tugas yang menyentuh usaha mental yang didukung, seperti menyelesaikan pekerjaan sekolah atau pekerjaan rumah.
-
Seringkali bingung/terganggu oleh rangsangan dari luar, dan
-
Sering lekas lupa dan menyelesaikan kegiatan sehari-hari.
2. Hiperaktivitas Impulsifitas
Paling sedikit enam atau lebih dari gejala-gejala hiperaktivitas impulsifitas berikutnya bertahan selama paling sedikit 6 samapai dengan tingkat yang maladaptif dan tidak dengan tingkat perkembangan.
-
Hiperaktivitas
-
Seringkali gelisah dengan tangan atau kaki mereka, dan sering menggeliat di kursi
-
Sering meninggalkan tempat duduk di dalam kelas atau dalam situasi lainnya dimana diharapkan anak tetap duduk
-
Sering berlarian atau naik-naik secara berlebihan dalam situasi dimana hal ini tidak tepat. (pada masa remaja atau dewasa terbatas pada perasaan gelisah yang subjektif)
-
Sering mengalami kesulitan dalam bermain atau terlibat dalam kegiatan senggang secara tenang
-
Sering bergerak atau bertindak seolah-olah dikendalikan oleh motor, dan
-
Sering berbicara berlebihan
-
Impulsifitas
-
Mereka sering memberi jawaban sebelum pertanyaan selesai
-
Mereka sering mengalami kesulitan menanti giliran
-
Mereka sering menginterupsi atau mengganggu orang lain, misalnya memotong pembicaraan atau permainan