Apa yang dimaksud dengan asas timbal balik (Reciprocity social)?

image

Asas timbal balik atau Reciprocity, adalah adanya hubungan timbal balik dan saling menguntungkan antar individu yang mengadakan hubungan.

Apa yang dimaksud dengan asas timbal balik (Reciprocity social) ?

Hubungan timbal balik adalah sebuah Interaksi sosial antara individu dengan golongan di dalam usaha mereka untuk memecahkan persoalan yang dihadapinya dan didalam usaha mereka untuk mencapai tujuannya.

Hubungan timbal balik menjadi hubungan yang saling menguntungkan di dalam pengembangan sosial masyarakat di suatu daerah. Dengan adanya hubungan timbal balik, maka kerukunan dan kebersamaan didalam sosial masyarakat kita akan tercipta secara penuh.

Oleh karena itu, hubungan timbal balik yang saling menguntungkan merupakan kunci utama sehatnya interkasi sosial didalam sebuah masyarakat.

Kondisi yang paling ideal adalah hubungan timbal balik yang bertambah. Bertambah disini maksudnya adalah setiap individu memberikan sesuatu lebih besar dibandingkan apa yang diterimanya.

Selain hubungan timbal balik antar individu, antar kelompok atau yang lainnya, tidak kalah penting juga untuk melangsungkan hubungan timbal balik antara manusia dengan alam. Hubungan timbal balik ini sering dilupakan dalam tatanan sosial masyarakat kita.

Sosial masyarakat akan terbentuk dengan lebih harmonis apabila didukung dengan kondisi alam yang baik.