Apa yang dimaksud dengan asam pantotenat?

Apa yang dimaksud dengan asam pantotenat ?

Asam pantotenat secara komersial ditemukan dalam bentuk garam kalsium, larut
dalam air, agak manis, dan stabil dalam pemasakan yang normal. Asam pantotenat merupakan bagian dari koenzim A yang berperan dalam metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein khususnya dalam produksi energi. Apa yang dimaksud dengan asam pantotenat ?

1 Like

Asam Pantotenat

Asam pantotenat dibentuk melalui penggabungan asam pantoat dengan alanin. Asam pantoneat aktif adalah Koenzim A (Ko A) dan Protein Pembawa Asil (ACP). Asam pantoneat dapat diabsorbsi dengan mudah dalam intestinum dan selanjutnya mengalami fosforilasi oleh ATP hingga terbentuk 4’- fosfopantoneat. Penambahan sistein dan pengeluaran gugus karboksilnya mengakibatkan penambahan netto tiotanolamina sehingga menghasilkan 4’ – fosfopantein, yakni gugus prostetik pada ko A dan ACP. Ko A mengandung nukleotida adenin. Dengan demikian 4’ –fosfopantein akan mengalami adenilasi oleh ATP hingga terbentuk defosfo koA. Fosforilasi akhir terjadi pada ATP dengan menambahkan gugus fosfat pada gugus 3 – hidroksil dalam moitas ribose untuk menghasilkan ko A.

Defisiensi asam pantoneat kekurangan asam pantoneat jarang terjadi karena asam pantoneat terdapat secara luas dalam makanan, khususnya dalam jumlah yang berlimpah dalam jaringan hewan, sereal utuh dan kacangkacangan. Namun demikian, burning foot syndrom pernah terjadi diantara para tawanan perang akibat defisiensi asam pantoneat dan berhubungan dengan menurunnya kemampuan asetilasi.

Referensi

Triana, Vivi. 2006. Macam-macam Vitamin dan Fungsinya dalam Tubuh Manusia. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 1 (1) : 40-47.

Asam pantotenat dikonversi ke bentuk aktifnya, koenzim A, yang bekerja sebagai kofaktor untuk reaksi katalase enzim yang melibatkan transfer dari dua kelompok karbon (asetil). Reaksi ini penting dalam metabolisme oksidatif karbohidrat, glukoneogenesis, dan sintesis dan degradasi asam lemak.

Defisiensi asam pantotenat pada manusia jarang terjadi, menunjukkan banyaknya kandungan vitamin ini dalam makanan biasa dan juga produksinya oleh bakteri di usus. Tidak ada fungsi dari asam pantotenat yang jelas telah ditemukan, namun umum dimasukkan dalam sediaan multivitamin dan cairan hiperalimentasi.