Apa yang dimaksud dengan Antiseptik?

antiseptik

Antiseptik atau germisida adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan yang hidup seperti pada permukaan kulit dan membran mukosa.

Apa yang dimaksud dengan Antiseptik?

Antiseptik adalah zat antimikroba yang mengurangi atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan hidup. Contohnya alkohol, chlorhexidin glukonat , klorin, yudium, Para Chloro Metaxilenol (PCMX), senyawa surfaktan, dan triclosan" Antiseptik berbeda dengan antibiotik dan disinfektan, yaitu antibiotik digunakan untuk membunuh mikroorganisme di dalam tubuh, dan disinfektan digunakan untuk membunuh mikroorganisme pada benda mati. Hal ini disebabkan antiseptik lebih aman diaplikasikan pada jaringan hidup daripada disinfektan. Namun, antiseptik yang kuat dan dapat mengiritasi jaringan kemungkinan dapat dialih fungsikan menjadi disinfektan contohnya adalah fenol yang dapat digunakan baik sebagai antiseptik maupun disinfektan. Penggunaan antiseptik sangat direkomendasikan ketika terjadi epidemi penyakit karena dapat memperlambat penyebaran penyakit.

Efektivitas antiseptik dalam membunuh mikroorganisme bergantung pada beberapa faktor, misalnya konsentrasi dan lama paparan. Konsentrasi mempengaruhi adsorpsi atau penyerapan komponen antiseptik. Pada konsentrasi rendah, beberapa antiseptik menghambat fungsi biokimia membran bakteri, namun tidak akan membunuh bakteri tersebut. Ketika konsentrasi antiseptik tersebut tinggi, komponen antiseptik akan berpenetrasi kedalam sel dan menganggu fungsi normal seluler secara luas, termasuk menghambat biosintesis pembuatan makromolekul dan persipitasi protein intraseluler dan asam nukleat (DNA atau RNA). Lama paparan antiseptik dengan banyaknya kerusakan pada sel mikroorganisme berbanding lurus. Mekanisme kerja antiseptik terhadap mikroorganisme berbeda-beda, misalnya dengan mendehidrasi (mengeringkan) bakteri, mengoksidasi sel bakteri, mengkoagulasi (menggumpalkan) cairan disekitar bakteri atau meracuni bakteri.

Macam-macam antiseptik.


Antiseptik adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikrooganisme pada jaringan yang hidup seperti pada permukaan kulit dan mukosa. Penggunaan antiseptik dalam kehidupan sehari-hari berbeda-beda bergantung pada aktivitasnya dan aplikasinya. klasifikasi antiseptik menjadi beberapa kelompok, yaitu :

  1. Alkohol.
    Alkohol biasanya diukur dengan skala ukuran “%” terhadap volume air yang terkandung, dan alkohol yang sering digunakan, yaitu etil-alkohol (60-90%), isopropil alkohol (70-90%), dan n-propanolol (60-70%), ketiga bahan ini sering digunakan sebagai bahan aktif pada produk-produk pembersih tangan karena bahan-bahan ini menunjukkan aktivitas antimikroba yang cepat dengan spektrum yang luas melawan bakteri vegetatif, virus, dan jamur, namun tidak bersifat sporosidal. Kemampuan antimikroba dari alkohol ini adalah dengan mendenaturasi protein mikroba dan aktivitas antimikroba ini efektif bila diencerkan dengan air sekitar 70-80%. Konsentrasi alkohol yang lebih tinggi. dapat mengurangi kemampuannya dalam mendenaturasi protein bakteri karena proses denaturasi membutuhkan air.

    Penelitian secara kuantitatif melihat efektivitas antiseptik alkohol dalam mengurangi jumlah bakteri di tangan, pengurangan bakteri di tangan yang terkontaminasi rata-rata 3,5 log10 setelah pemakaian 30 detik, dan 4,0-5,0 log10 setelah pemakaian 1 menit. Etil alkohol efektif membunuh Staphylococcus aureus pada konsentrasi 70% di menit ke-10, Escherichia coli pada konsentrasi 70% di menit ke-2, dan virus polio pada konsentrasi 70% di menit ke-10.

    Menurut Larson dkk, penggunaan 1 ml alkohol kurang efektif dibanding 3 ml. Temuan ini memiliki relevansi klinis karena beberapa petugas kesehatan hanya menggunakan sedikitnya 0,4 ml untuk membersihkan tangan mereka. Tidak diketahui secara pasti volume ideal penggunaan alkohol sebagai antiseptik, karena berbeda produk berbeda formula yang digunakan. Namun jika tangan terasa kering setelah digosokkan bersama selama kurang dari 10-15 detik, kemungkinan bahwa volume produk kurang cukup sebagai antiseptik. Alkohol memiliki memiliki kemampuan aktivitas bakteriosida yang baik terhadap Gram positif dan Gram negatif termasuk juga MRSA, virus, dan beberapa jamur. Tetapi alkohol tidak memiliki efek pada bakteri berspora dan efeknya sangat lemah terhadap non-enveloped (non-lipophilic) viruses.

    Kebanyakan antiseptik berbasis alkohol mengandung etanol baik, isopropanol atau n-propanol , atau kombinasi dari dua produk ini. Dalam beberapa penelitian telah dilakukan penelitian tentang alkohol baik alkohol saja, kombinasi kedua alkohol atau solusi alkohol dengan sejumlah kecil heksaklorofen , Quarternarry Ammonium Compond (QAC), povidone-iodine , atau triclosan, untuk meningkatkan kemampuan antiseptik sebagai antimikroba.

  2. Triclosan
    Triclosan dengan konsentrasi 0,2% sampai 2% memiliki aktivitas antimikroba. Triclosan biasanya dimasukkan dalam deterjen dengan konsentrasi 0,4%-1%, dan di dalam alkohol 0,2%-0,5% ini disebabkan oleh sifat triclosan yang kurang larut dalam alkohol. Efek antimikroba triclosan dengan cara mempengaruhi membran sitoplasma, sintesis Ribonucleic Acid (RNA), asam lemak dan protein sel bakteri. Aktivitas triclosan terhadap Gram positif termasuk MRSA lebih besar dibanding Gram negatif basil khususnya Pseudomonas aeroginosae , Micobacterium, dan Candida SP. Triclosan (0,1%) mengurangi jumlah bakteri di tangan sebesar 2,8 log10 setelah 1 menit dengan handwash . Dalam beberapa penelitian pengurangan log yang dicapai lebih rendah dibanding penggunan chlorhexidine dan alkohol.

    Pada penelitian yang melakukan pengujian tentang efektivitas triclosan 1% pada 4 jenis kuman, yaitu S. aureus, E. faecalis, E. coli , dan P. aeroginosa . Tiga dari 4 kuman yang diujikan ini, yaitu S. aureus, E. faecalis, dan E. coli tidak menunjukan pertumbuhan pada Moler Hilton Agar (MHA) setelah diinkubasi dengan larutan triclosan 1% selama 15, 30, dan 60 detik, baik pada konsentrasi kuman 1,5x108, 3x108, maupun 6x108 kuman/mL.18 Sedangkan pada bagian MHA yang diinkubasi dengan larutan aquabidestilata steril seluruhnya tampak pertumbuhan kuman. Hal ini menunjukkan triclosan 1% efektif pada ketiga jenis kuman pada semua waktu yang diuji tersebut. Pada agar yang diinokulasi suspensi Pseudomonas aeroginosa yang diinkubasi Pada penelitian yang melakukan pengujian tentang efektivitas triclosan 1% pada 4 jenis kuman, yaitu S. aureus, E. faecalis, E. coli, dan P. aeroginosa. Tiga dari 4 kuman yang diujikan ini, yaitu S. aureus, E. faecalis, dan E. coli tidak menunjukan pertumbuhan pada Moler Hilton Agar (MHA) setelah diinkubasi dengan larutan triclosan 1% selama 15, 30, dan 60 detik, baik pada konsentrasi kuman 1,5x108, 3x108, maupun 6x108 kuman/mL.18 Sedangkan pada bagian MHA yang diinkubasi dengan larutan aquabidestilata steril seluruhnya tampak pertumbuhan kuman. Hal ini menunjukkan triclosan 1% efektif pada ketiga jenis kuman pada semua waktu yang diuji tersebut. Pada agar yang diinokulasi suspensi Pseudomonas aeroginosa yang diinkubasi.

  3. Chlorhexidine gluconate.
    Chlorhexidine gluconate adalah bisbiguanide kationik, yang hampir tidak larut dalam air, namun dalam bentuk digluconate bisa larut dalam air. Aktivitas antimikroba chlorhexidine adalah dengan mendenaturasi membran sitoplasma dan menyebabkan selnya mengendap.8 Efek antimikrobanya sangat baik pada bakteri Gram positif namun masih kurang efektif pada bakteri Gram negatif, jamur, Mycobakterium , dan spora. Konsentrasi chlorhexidine 0,5%, 0,75%, atau 1% kurang efektif dibanding konsentrasi 4%.

  4. Chloroxylenol.
    Chloroxylenol, dikenal juga sebagai PMCX adalah senyawa halogen fenolik yang digunakan secara luas sebagai pengawet pada produk kosmetik dan bahan aktif dalam sabun antiseptik. Aktivitas antimikroba dari chloroxylenol adalah dengan menginaktivasi enzim bakteri dan mengubah sel bakteri, sehingga dapat mereduksi bakteri Gram negatif, Gram positif, Mycobacterium , dan beberapa virus. Namun kurang efektif pada P. aeroginosa tetapi dengan penambahan ethylenediaminetetraacetic-acid (EDTA) meningkatkan aktivitas Chloroxylenol terhadap P. aieroginosa dan patogen lainnya. Chloroxylenol tersedia dalam konsentrasi mulai dari 0,3% sampai 3,75%, dan umumnya ditoleransi dengan baik pada kulit. Walaupun terdapat beberapa kasus reaksi alergi telah dilaporkan, tetapi relatif jarang.

Antiseptikatau germisidaadalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganismepada jaringanyang hidup seperti pada permukaan kulitdan membran mukosa.Antiseptik berbeda dengan antibiotikdan disinfektan, yaitu antibiotik digunakan untuk membunuh mikroorganismedi dalam tubuh, dan disinfektan digunakan untuk membunuh mikroorganisme pada benda mati.Hal ini disebabkan antiseptik lebih aman diaplikasikan pada jaringan hidup daripada disinfektan.Namun, antiseptik yang kuat dan dapat mengiritasi jaringan kemungkinan dapat dialihfungsikan menjadi disinfektan contohnya adalah fenolyang dapat digunakan baik sebagai antiseptik maupun disinfektan. Penggunaan antiseptik sangat direkomendasikan ketika terjadi epidemipenyakit karena dapat memperlambat penyebaran penyakit.

Efektivitas antiseptik dalam membunuh mikroorganisme bergantung pada beberapa faktor, misalnya konsentrasi dan lama paparan. Konsentrasi mempengaruhi adsorpsi atau penyerapan komponen antiseptik. Pada konsentrasi rendah, beberapa antiseptik menghambat fungsi biokimia membran bakteri, namun tidak akan membunuh bakteri tersebut. Ketika konsentrasi antiseptik tersebut tinggi, komponen antiseptik akan berpenetrasi kedalam seldan menganggu fungsi normal seluler secara luas, termasuk menghambat biosintesis pembuatan makromolekul dan persipitasi proteinin traseluler dan asam nukleat (DNA atau RNA). Lama paparan antiseptik dengan banyaknya kerusakan pada sel mikroorganisme berbanding lurus. Mekanisme kerja antiseptik terhadap mikroorganisme berbeda-beda, misalnya dengan mendehidrasi (mengeringkan) bakteri, mengoksidasi sel bakteri, mengkoagulasi (menggumpalkan )cairan disekitar bakteri atau meracuni bakteri.

Antiseptik adalah bahan kimia yang digunakan untuk membunuh atau mencegah pertumbuhan mikroorganisme, biasanya merupakan sediaan yang digunakan pada jaringan hidup (Levinson, 2008).

Tujuan utama pemakaian antiseptik adalah untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri dengan mekanisme penghambatan sistem enzim bakteri dan mengubah daya permeabilitas sel membran melalui proses oksidasi, halogenasi dan pengendapan bakteri.

Mekanisme kerja antiseptik


Mekanisme kerja antiseptik antara lain merusak lemak pada membran sel bakteri atau dengan cara menghambat salah satu kerja enzim pada bakteri yang berperan dalam biosintesis asam lemak (Isadiartuti & Retno, 2005).

Menurut Siswandono dan Sukardjo, mekanisme kerja antiseptik antara lain penginaktifan enzim, denaturasi protein, mengubah permeabilitas membran, interkalasi ke dalam Deoksiribo Nukleat Acid (DNA) dan pembentukan kelat.

Penginaktifan enzim


Penginaktifan enzim adalah mekanisme umum dari senyawa antiseptik, seperti turunan aldehid, etilen oksida. Aldehid dan etilen oksida bekerja dengan mengalkilasi secara langsung gugus nukleofil seperti gugus-gugus amino, karboksil, hidroksil, fenol dan tiol dari protein sel bakteri (Siswandono dan Soekardjo, 2000 ).

Penggolongan Antiseptik


Menurut Siswandono (1995), antiseptik dapat digolongkan menjadi beberapa golongan, yaitu golongan halogen dan halogenofor, golongan fenol, golongan alkohol, senyawa pengoksidasi dan turunan ammonium kuartener.

  1. Golongan halogen dan halogenofor
    Turunan halogen yang umum digunakan adalah berbasis iodium seperti larutan iodium, iodofor, dan povidon iodium. Kompleks klorin dengan senyawa organik disebut klorofor, sedangkan kompleks iodin dengan senyawa organik disebut iodofor. Halogen dan halogenofor digunakan sebagai antiseptik dan desinfektan. Klorin dan klorofor terutama digunakan untuk mendesinfeksi air, seperti air minum dan air kolam renang. Contohnya, klorin dioksida, dan triklosan. Iodin dan iodofor digunakan untuk antiseptik kulit sebelum pembedahan dan antiseptik luka. Turunan ini umumnya digunakan dalam larutan air dengan konsentrasi 1 - 5% dan mampu mengoksidasi dalam rentang waktu 10 - 30 menit. Contohnya, povidon iodium (Siswandono, 1995).

  2. Golongan fenol
    Fenol sendiri mempunyai efek antiseptik dan desinfektan. Golongan fenol diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang bersifat bakterisid namun tidak bersifat sporisid. Senyawa turunan fenol yang dikenal sebagai senyawa fenolik mengandung molekul fenol yang secara kimiawi dapat diubah. Perubahan struktur kimia tersebut bertujuan untuk mengurangi efek iritasi kulit dan meningkatkan aktivitas antibakteri (Siswandono, 1995).

    Fenol digunakan sebagai senyawa baku dalam pengujian antiseptik karena memiliki mekanisme kerja spektrum luas. Fenol dapat merusak dinding sel dan membran sel, mengkoagulasi protein, merusak ATPase, merusak sulfohidril dari protein, dan merusak DNA sehingga efektif membunuh bakteri (Siswandono, 1995; Fazlara and Ekhtelat, 2012).

  3. Golongan alkohol
    Turunan alkohol merupakan bahan yang banyak digunakan selain turunan aldehid, misalnya etanol (C2H5OH), isopropanol (C3H7OH). Alkoholbekerja dengan mendenaturasi protein dari sel bakteri dan umumnya dibuat dalam campuran air pada konsentrasi 70% - 90%. Etanol bersifat bakterisid, digunakan sebagai antiseptik kulit dan sebagai pengawet. Isopropanol mempunyai aktivitas bakterisid lebih kuat dibandingkan etanol karena lebih efektif dalam menurunkan tegangan permukaan sel bakteri dan denaturasi bakteri (Siswandono, 1995).

  4. Senyawa pengoksidasi
    Senyawa pengoksidasi yang umum digunakan adalah hidrogen peroksida, benzoil peroksida, karbanid peroksida, kalium permanganat, dan natrium perborat (Siswandono, 1995; Aboh, et al ., 2013).

    Benzoil peroksida dalam air melepaskan hidrogen peroksida dan asam benzoat. Benzoil peroksida pada konsentrasi 5 - 10% digunakan sebagai antiseptik dan keratolitik untuk pengobatan jerawat (Siswandono, 1995; Aboh, et al ., 2013).

    Karbanid peroksida disebut juga urea peroksida, mengandung hidrogen peroksida (34%) dan oksigen (16%). Larutan karbamid peroksida dalam air secara perlahan-lahan melepaskan hidrogen peroksida, dan digunakan untuk antiseptik pada telinga dan pada luka (Elisabeth, dkk, 2012).

    Kalium permanganat dan natrium perborat digunakan sebagaidesinfektan dan antiseptik karena bersifat oksidatif. Pada umumnya, kedua senyawa tersebut digunakan untuk pemakaian lokal dalam bentuk larutan dalam air (Siswandono, 1995).

  5. Turunan ammonium kuartener
    Turunan amonium kuartener seperti benzalkonium klorida, benzetonium klorida, setrimid, dequalinium klorida, dan domifen bromida. Turunan ini mempunyai efek bakterisid dan bakteriostatik terhadap bakteri Gram positif dan Gram negatif, jamur, dan protozoa. Tetapi, turunan ini tidak aktif terhadap bakteri pembentuk spora, seperti Mycobacterim tuberculosis dan virus (Siswandono, 1995; Ghanem, et al ., 2012).

    Keuntungan penggunaan turunan amonium kuartener sebagaidesinfektan dan antiseptik adalah toksisitas yang rendah, kelarutan dalam air besar, stabil dalam larutan air, tidak berwarna, dan tidak menimbulkan korosi pada alat logam. Sedangkan kerugiannya yaitu senyawa ini tidak efektif dengan adanya sabun dan surfaktan anionik dan non ionik, ion Ca dan Mg, serum darah, makanan, dan senyawa kompleks organik (Siswandono, 1995).