Apa yang dimaksud dengan Anthropology, Physical?

scientist-physical-anthropology-biological-science-lab-studying-human-bone-looking_43300-2035

Anthropology, physical atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai antropologi, fisik merupakan cabang antropologi yang mempelajari interaksi dalam faktor biologis dan budaya di evolusi kehidupan manusia dan perkembangan masyarakat.

Catatan: Antropolog biologi berpendapat bawha gagasan tentang ras ‘murni’ menyesatkan dan salah. Semua manusia yang hidup saat ini adalah keturunan dari Homo sapiens dan karenanya berasal dari genetik yang sama. Perbedaan di antara orang-orang telah muncul sebagai akibat dari interaksi yang kompleks dari adaptasi genetik dengan fisiologis dan budaya (nongenetik) adaptasi. Fosil tetap digali pada akhir 1970-an dan awal 1980-an yang telah memberikan bukti dalam periode 1 juta sampai 3 juta tahun lalu genus Homo hidup berdampingan di Timur Afrika dengan spesies kera maju lainnya yang dikenal sebagai australopithecine. Keduanya nampak keturunan dari seorang fosil Etiopia, Australopithecus afarensis, 3 juta hingga Berusia 3,7 juta tahun. Nenek moyang manusia kuno ini memiliki kaki dan tubuh untuk berjalan secara kaki dua, sebuah peristiwa yang membebaskan tangan Homo, memungkinkannya memanipulasi objek, selanjutnya membuat alat.

Referensi: Marcel Danesi, 2000, Encyclopedic Dictionary of Semiotics, Media, and Communications, University of Toronto Press.