Apa yang dimaksud dengan Antar Muka Pengguna atau User Interface ?

Antarmuka pengguna dalam bidang desain industri interaksi manusia-mesin, adalah sebuah tempat di mana interaksi antara manusia dan mesin terjadi.

Apa yang dimaksud dengan Antar Muka Pengguna atau User Interface ?

Dalam teknologi informasi, user interface (UI) adalah segala sesuatu yang dirancang menjadi sebuah perangkat informasi yang mana seseorang dapat melakukan sebuah interaksi dengan komputer dengan mudah dan sederhana. Media yang dapat digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan apliksi atau situs web diantaranya dapat berupa tampilan layar, keyboard, mouse dan penampilan desktop.

User Interface mencakup perangkat keras dan perangkat lunak. User Interface hadir untuk berbagai system dan menyediakan cara untuk :

  • Input, memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sebuah sistem
  • Output, memungkinkan sistem untuk menunjukan efek dari manipulasi pengguna

DESAIN USER INTERFACE

Desain user interface (UI) atau rekayasa antarmuka pengguna adalah desain dari user interface untuk mesin dan perangkat lunak, seperti ; komputer, peralatan rumah, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan kegunaan dan pengalaman pengguna.

Tujuan dari desain antarmuka pengguna adalah membuat interaksi pengguna yang sederhana dan seefisien mungkin, dalam hal mencapai tujuan pengguna.

Kualitas yang diperhatikan dalam desain user interface antara lain :

  1. Kejelasan interface, menghindari ambiguitas dengan membuat segalanya jelas melalui bahasa, aliran, hirarki dan metafora untuk elemen visual.

  2. Concision, Membuat antarmuka yang hebat adalah untuk membuatnya ringkas dan jelas pada saat yang sama.

  3. Familiarity, unsur-unsur tertentu dalam kehidupan sehari-hari masih sangat melekat pada pengguna. metafora kehidupan nyata dapat digunakan untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan interface.

  4. Responsivenes, antar muka harus bisa memberikan umpan balik yang baik kepada pengguna tentang apa yang terjadi dan apakah masukan pengguna sedang berhasil diproses.

  5. Consistency, Menjaga interface menjadi konsisten di seluruh aplikasi adalah suatu hal yang penting karena memungkinkan pengguna untuk mengenali pola penggunaan.

  6. Estetika, membuat interface terlihat bagus akan membuat waktu pengguna senang dan nyaman dalam menggunakan interface.

  7. Efficiency Time, interface yang baik harus bisa membuat pengguna lebih produktif melalui jalan pintas dan desain yang baik.

  8. Forgiveness, Sebuah interface yang baik tidak harus menghukum pengguna atas kesalahan mereka lakukan, akan tetapi seharusnya menyediakan sarana untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

TIPE-TIPE USER INTERFACE

  • Command-Line Interface (CLI): Pengguna memberikan input dengan mengetikkan perintah berbasis teks dengan keyboard komputer dan sistem menyediakan output dengan mencetak teks pada monitor komputer (Wikipedia).

  • Graphical User Interface (GUI): Penggunaan gambar bukan hanya kata-kata untuk mewakili input dan output dari program (Linuxjunkies). Masukan diterima melalui perangkat seperti keyboard dan mouse.

  • Direct manipulation interface: antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk memanipulasi objek yang disajikan kepada mereka

  • Touchscreens : menerima masukan dengan sentuhan jari.

  • Gesture interfaces : UI grafis yang menerima input dalam bentuk gerakan tangan, atau gerakan mouse sketsa dengan mouse komputer.

  • Search interface : bagaimana sebuah kotak pencarian situs ditampilkan, serta merepresentasikan visual dari hasil pencarian.

  • Natural-language interfaces : Digunakan pada mesin pencari dan pada halaman Web. jenis penggunaan adalah dalam bentuk pertanyaan dan menunggu tanggapan.

  • Voice user interfaces : yang menerima masukan dan memberikan output dengan menghasilkan perintah suara. Input pengguna dibuat dengan menekan tombol atau tombol, atau menanggapi secara lisan ke antarmuka.

Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/User_interface
http://searchsoa.techtarget.com/definition/user-interface
http://www.businessdictionary.com/definition/user-interface.html

User Interface (UI) design atau rekayasa antarmuka pengguna adalah desain user interface untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan kegunaan dan pengalaman pengguna. Tujuan dari desain antarmuka pengguna adalah membuat interaksi pengguna yang sederhana dan seefisien mungkin, dalam hal mencapai tujuan pengguna (desain berfokus pada pengguna).

Desain antarmuka terlibat dalam berbagai proyek dari sistem komputer, untuk mobil, untuk pesawat komersial; semua proyek ini melibatkan banyak interaksi manusia dan juga membutuhkan beberapa keterampilan dan pengetahuan yang unik. Akibatnya, desainer cenderung mengkhususkan diri pada jenis proyek tertentu dan memiliki keterampilan berpusat pada keahlian mereka, apakah itu desain perangkat lunak, penelitian pengguna, desain web, atau desain industri.

User Interface (UI) Desain berfokus pada merencanakan apa yang mungkin sering user perlukan dan memastikan bahwa antarmuka memiliki unsur-unsur yang mudah untuk diakses, dipahami, dan digunakan. UI menyatukan konsep dari interaction design, visual design, dan information architecture.

PENELITIAN

Desain user interface telah menjadi topik penelitian yang cukup besar, termasuk pada bidang estetika. Standar telah dikembangkan sejauh tahun 1980-an untuk menentukan kegunaan dari produk perangkat lunak. Salah satu basis struktural telah menjadi model referensi antarmuka pengguna IFIP. Model ini mengusulkan empat dimensi untuk struktur antarmuka pengguna:

  • Input / output dimensi
  • Dialog dimensi
  • Dimensi teknis atau fungsional
  • Dimensi organisasi

Model ini telah sangat mempengaruhi perkembangan standar internasional ISO 9241 yang menjelaskan persyaratan desain antarmuka untuk kegunaan terentu. Keinginan untuk memahami isu-isu UI khusus aplikasi awal dalam pengembangan perangkat lunak, bahkan pada aplikasi yang masih sedang dikembangkan, menyebabkan penelitian tentang GUI alat prototyping menjadi semakin intens yang mungkin menawarkan simulasi dan solusi yang sangat meyakinkan dan tepat tentang bagaimana pembuatan aplikasi yang benar-benar mengerti pengguna dan dapat meningkatkan produksi. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa berbagai tugas pemrograman untuk perangkat lunak berbasis GUI ditentukan melalui cara lain selain menulis kode program.

Penelitian dalam beberapa tahun terakhir sangat termotivasi oleh meningkatnya berbagai perangkat yang home interface nya sangat kompleks, berdasarkan hukum Moore

Penelitian juga telah dilakukan pada menghasilkan user interface secara otomatis, untuk mencocokkan tingkat kemampuan pengguna untuk berbagai tingkat interaksi

PEMBUATAN DESAIN USER INTERFACE

Memilih Interface Elements

Pengguna telah lebih terbiasa dengan elemen interface yang bekerja dengan cara tertentu, jadi cobalah untuk konsisten dan dapat diprediksi dalam membuat struktur pilihan dan tata letak interface. Melakukan hal ini akan membantu penyelesaian tugas, efisiensi, dan menambah kepuasan user.

Beberapa contoh elemen interface:

  • Input control: tombol, teks field, checkbox, radio button, daftar dropdown, daftar kotak, toggles, date field
  • Komponen navigasi: breadcrumb, slider, kolom pencarian, pagination, slider, tag, icons
  • Komponen informasi: tooltips, ikon, progress bar, notifikasi, kotak pesan, modal windows
  • Containers: accordion

Ada kalanya beberapa elemen sekaligus mungkin cocok untuk display konten. Ketika ini terjadi, penting untuk mempertimbangkan trade-off. Misalnya, kadang-kadang elemen dapat membantu menghemat space, namun menempatkan lebih banyak beban pada mental pengguna dengan memaksa mereka untuk menebak apa yang dalam dropdown atau kemungkinan elemen apa yang akan keluar

Merancang Interface

Intinya adalah mengetahui sifat user, termasuk pemahaman mereka, tujuan, skill, preferensi, dan kecenderungan pemilihan elemen secara umum. Setelah anda tahu tentang pengguna anda, pastikan untuk mempertimbangkan hal berikut ketika merancang interface:

  1. Menjaga antarmuka yang sederhana. Interface terbaik hampir tidak terlihat oleh pengguna. Mereka menghindari elemen yang tidak perlu dan harus terstruktur dengan mahasa yang jelas pada label dan di pesan interface.

  2. Menciptakan konsistensi dan menggunakan elemen UI umum. Dengan menggunakan elemen umum di UI, pengguna merasa lebih nyaman dan mampu menyelesaikan sesuatu lebih cepat. Hal ini juga penting untuk membuat suatu pola dalam bahasa, tata letak dan desain di seluruh situs untuk membantu memfasilitasi efisiensi. Setelah pengguna belajar bagaimana melakukan sesuatu, mereka harus mampu mudah beradaptasi dan terbiasa dengan interface tersebut di semua bagian site lainnya

  3. Page layout harus dipertimbangkan berdasarkan suatu tujuan tertentu. Pertimbangkan spasi antara item pada halaman dan struktur halaman berdasarkan kepentingan dan tujuan. Penempatan item yang terencana dapat membantu menarik perhatian langsung ke bagian yang paling penting dari informasi dan dapat membantu scanning dan mudah dibaca oleh user.

  4. Strategi menggunakan warna dan tekstur. Anda dapat mengarahkan perhatian user dari dan ke item tertentu, menggunakan warna, cahaya, kontras, dan tekstur untuk tujuan tertentu.
    Gunakan tipografi untuk membuat penjernihan dan kejelasan. Hati-hati dalam memilih metode membentuk sebuah bentuk gambaran tertentu. Berbagai ukuran, font, dan pengaturan teks yang tepat dapat membantu meningkatkan scanability, dan mudah dibaca user.

  5. Pastikan bahwa sistem berjalan sesuai dengan apa yang terjadi saat itu juga. Selalu menginformasikan pengguna anda tentang misalnya lokasi, suatu tindakan sistem, perubahan di negara bagian, atau kesalahan. Penggunaan berbagai elemen UI untuk menginfokan status terkini dapat bermanfaat menambah informasi bagi user.

  6. Pikirkan tentang default. Secara teliti pikirkan dan antisipasi adanya user yang kebingungan saat tidak sengaja mengutak atik konfigurasi, anda dapat membuat default yang mengurangi kepanikan pada user

Sumber :