Apa yang dimaksud dengan Anggaran Berbasi Nol (Zero-Based Budgeting)?

Zero Based Budgeting (Anggaran Berbasis NOL) adalah sistem anggaran yang didasarkan pada perkiraan kegiatan, bukan pada yang telah dilakukan dimasa lalu. Setiap kegiatan akan dievaluasi secara terpisah. Ini berarti berbagai program dikembangkan dalam visi pada tahun yang bersangkutan.

Apa yang dimaksud dengan Anggaran Berbasi Nol (Zero-Based Budgeting) ?

Menurut Garrison dan Noreen (2000), zero-based budgeting adalah pendekatan alternatif yang dapat digunakan - terutama pemerintahan dan sektor nirlaba. Berdasarkan zero-based budgeting, manajer dituntut untuk menentukan seluruh pengeluaran yang dianggarkan dan tidak sekadar mengadakan perubahan anggaran tahun sebelumnya. Dasar penyusunannya adalah nol.

Zero-based budgeting menuntut adanya dokumentasi yang memadai. Selain seluruh skedul yang dibutuhkan dalam pembuatan anggaran induk, manajer harus menyiapkan serangkaian ”paket keputusan” yang berisi seluruh aktivitas departemen dibuat ranking sesuai dengan tingkat urgensinya dan biaya dari setiap aktivitas diidentifikasikan.

Dengan zero-based budgeting, maka manajer lebih atas dapat melakukan review pada ranking yang telah dibuat, dan melakukan pemotongan aktivitas yang dianggap tidak urgen serta memotong biaya yang tidak perlu.

Oleh karena itu, zero-based budgeting ini sangat membantu manajer atas dalam pengambilan keputusan saat menyetujui suatu anggaran.