Analisa SWOT ialah suatu metode penyusunan strategi perusahaan ataupun organisasi yang bersifat satu unit atau bisnis tunggal. Ruang lingkup bisnis tunggal tersebut iyalah berupa domestik ataupun multinasional.
SWOT itu sendiri merupakan singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang) , dan Threats (ancaman atau kendala), dimana secara sistematis sangat dapat membantu dalam mengidentifikasi faktor-faktor luar (O serta T) serta faktor didalam perusahaan (S dan W).
Menurut Fredy Rangkuti, analisa SWOT ialah identifikasi dalam berbagai faktor yang secara sistematis untuk merumuskan suatu strategi perusahaan. Analisa SWOT didasarkan pada suatu hubungan atau interaksi dianatara unsur-unsur internal ialah, kekuatan serta kelemahan, unsur-unsur eksternal yaitu peluang serta ancaman.
Kesimpulan Analisis SWOT
Dalam penelitian analisa SWOT kita ingin dapat memproleh hasil berupa kesimpulan-kesimpulan yang berdasarkan ke-4 faktor yaitu :
1. Strategi Kekuatan-Kesempatan (S dan O atau Maximaxi )
Strategi yang dihasilkan pada kombinasi ini iyalah dapat memanfaatkan kekuatan atas peluang yang telah diidentifikasi.
2. Strategi Kelemahan-Kesempatan (W dan O atau Mini- maxi )
Kesempatan yang telah diidentifikasi tidak mungkin dapat dimanfaatkan dikarenakan kelemahan suatu perusahaan.
3. Strategi Kekuatan-Ancaman (S atau T atau Maxi-min )
Dalam analisa ancaman juga ditemukan kebutuhan untuk mengatasinya.
4. Strategi Kelemahan-Ancaman (W dan T atau Mini-mini )
Dalam situasi harus menghadapi ancaman serta sekaligus kelemahan intern, strategi yang umumnya iyalah “keluar” dari situasi yang terjepit tersebut.
Cara Membuat Analisis SWOT
Kuadran 1 : Ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Lembaga/Organisasi tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif ( growth oriented strategy ).
Kuadran 2 : Meskipun menghadapi berbagai ancaman, lembaga/organisasi ini masih memiliki kekuatan dari segi internal. Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk/pasar).
Kuadran 3 : Lembaga/Organisasi menghadapi peluang pasar yang sangat besar, tetapi dilain pihak, ia menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal. Fokus strategi ini adalah meminimalkan masalah–masalah internal lembaga/organisasi sehingga dapat merebut peluang pasar yang lebih baik.
Kuadran 4 : ini merupakan situasi yang sangat tidak menguntungkan, lembaga/organisasi tersebut menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan internal.
Cara Perhitungan Bobot dan Score Dalam Analisis SWOT
Perhitungan bobot dan rating dalam Analisis SWOT dapat menggunakan dua cara, yaitu :
-
Menggunakan FGD ( Focus Group Discussion ). Masing–masing peserta menilai bobot dan score untuk masing – masing indikator.
-
Menggunakan kuesioner. Masing – masing responden memberikan penilaian dari 1 = tidak penting, sampai 5 = sangat penting.