Apa yang dimaksud dengan Analisis Kontribus Margin atau Contribution Margin Analysis?

Kontribusi margin merupakan analisis biaya-volume-laba bagian dari manajemen akuntansi terhadap margin keuntungan dalam penjualan per unit dan berguna dalam melaksanakan berbagai perhitungan ataut digunakan sebagai ukuran kepengaruhan operasional.

Apa yang dimaksud dengan Analisis Kontribus Margin atau Contribution Margin Analysis?

Contribution margin adalah pendapatan penjualan dikurangi semua biaya variabel”. Supriyono (2004).

Contribution margin tersebut menunjukan jumlah yang tersedia untuk menutup semua biaya tetap dan setelah biaya tetap tertutup maka sisanya untuk menghasilkan laba pada periode yang bersangkutan. Jika contribution margin tidak cukup untuk menutup biaya tetap maka terjadi rugi pada periode tersebut.

Contribution margin dapat dihitung dengan dua cara, yaitu:

CM per unit = harga jual per unit - biaya variabel per unit
CM total = pendapatan penjualan - biaya variabel total

Menurut Sunarto (2004), ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi contribution margin antara lain:

  • Harga jual per unit, Perubahan harga jual per unit sangat berpengaruh terhadap marjin kontribusi, dimana apabila harga jual per unit naik, maka marjin kontribusi akan naik dan tingkat laba perusahaan akan naik pula. Sebaliknya apabila harga jual per unit turun, maka marjin kontribusi juga akan turun yang berarti laba menjadi rendah.

  • Volume penjualan, Semakin besar volume produk yang dijual maka akan memperbesar marjin kontribusi yang sekaligus akan memperbesar laba.

  • Komposisi produk yang dijual, Perubahan komposisi produk yang dijual mengakibatkan berubahnnya marjin kontribusi secara total. Perubahan komposisi dari produk-produk yang mempunyai marjin kontribusi rendah menyebabkan keuntungan total menurun, meskipun dari penjualan total meningkat. Sebaliknya perubahan komposisi dari produk-produk yang menghasilkan marjin kontribusi tinggi akan meningkatkan keuntungan, walaupun penjualan total berkurang.

  • Biaya variabel per unit, Perubahan biaya variabel sangat berpengaruh terhadap marjin kontribusi karena biaya variabel merupakan instrumen penting dalam menentukan marjin kontribusi. Apabila biaya variabel naik maka marjin kontribusi akan turun, sebaliknya apabila biaya variabell turun maka marjin kontribusi akan meningkat.

Analisis Target Laba

Selain untuk menentukan titik impas (BEP), analisis contribution margin juga dapat digunakan untuk menentukan tingkat penjualan yang diperlukan guna mendapat laba yang diinginkan (target laba bersih). Rumus yang digunakan adalah:

Penjualan (unit) = (Biaya Tetap + EBIT) / CM per unit
Penjualan (Rp) = (Biaya Tetap + EBIT) / CM rasio