Apa yang dimaksud dengan analisis faktor ?

analisis_multivariat

(Bima Satria) #1

Analisis faktor

Analisis faktor adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mencari faktor-faktor yang mampu menjelaskan hubungan atau korelasi antara berbagai indikator independen yang diobservasi.

Apa yang dimaksud dengan analisis faktor ?


(Calandre Kei Ashana) #2

Analisis faktor adalah kajian tentang saling ketergantungan antara variabel- variabel, dengan tujuan untuk menemukan himpunan variabel-variabel baru, yang lebih sedikit jumlahnya dari pada variabel semula, dan yang menunjukkan yang mana di antara variabel-variabel semula tersebut yang merupakan faktor-faktor persekutuan (Suryanto, 1988).

Dalam analisis faktor, variabel-variabel dalam jumlah besar dikelompokan dalam sejumlah faktor yang mempunyai sifat dan karakteristik yang hampir sama, sehingga lebih mempermudah pengolahan. Pengelompokan dilakukan dengan mengukur korelasi sekumpulan variabel dan selanjutnya menempatkan varibel-variabel yang berkorelasi tinggi dalam satu faktor, dan variabel-variabel lain yang mempunyai korelasi relatif lebih rendah ditempatkan pada faktor yang lain.

Menurut Supranto (2004) analisis faktor digunakan dalam situasi:

  • Mengenali atau mengidentifikasi dimensi yang mendasari atau faktor, yang menjelaskan korelasi antara suatu set variabel.

  • Mengenali dan mengidentifikasi suatu set variabel baru yang tidak berkorelasi (independen) yang lebih sedikit jumlahnya untuk menggantikan suatu set asli yang saling berkorelasi di dalam analisis multivariat selanjutnya, misalnya analisis regresi ganda dan analisis diskriminan.

  • Mengenali atau mengidentifikasi suatu set variabel yang penting dari suatu set variabel yang lebih banyak jumlahnya untuk dipergunakan di dalam analisis multivariat selanjutnya.

Manfaat yang bisa diperoleh dari metode analisis faktor, antara lain:

  • Pada penelitian dengan jumlah variabel yang besar akan menyulitkan dalam pengolahan. Untuk memudahkan pengolahan maka variabel-variabel tersebut dikelompokan terlebih dahulu ke dalam sejumlah faktor yang mempunyai makna bersesuaian.

  • Mempermudah interpretasi hasil analisis sehingga didapat informasi yang realistis dan berguna.

  • Pengelompokkan objek berdasarkan karakteristik yang terkandung dalam faktor.