© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang dimaksud dengan ambidexterity atau Ambidextrous organization?

ambidexterity atau Ambidextrous organization

Istilah ambidexterity atau Ambidextrous organization sering digunakan, terutama dalam bidang organisasi. Apa yang dimaksud dengan ambidexterity atau Ambidextrous organization?

Ambidexterity, secara harfiah, mempunyai arti dapat menggunakan tangan kanan dan tangan kiri dengan sama baiknya. Dalam konteks organisasi, biasa disebut organizational ambidexterity atau ambidextrous organization, mempunyai arti bahwa perusahaan tersebut mempunyai kemampuan eklporasi dan eksploitasi dengan sama baiknya.

Istilah organizational ambidexterity pertama kali digunakan oleh Duncan, dan dikembangkan oleh March. Organizational ambidexterity didefinisikan sebagai kemampuan organisasi mengelola secara efisien terkait dengan tuntutan bisnis saat ini, dan disaat yang sama, adaptif terhadap perubahan dalam lingkungan.

Ambidexterity dalam suatu organisasi dicapai dengan cara menyeimbangkan eksplorasi dan eksploitasi, yang memungkinkan organisasi untuk menjadi kreatif dan mudah beradaptasi, sementara disaat yang sama, juga terus dapat mengandalkan metode bisnis yang lebih tradisional dan sudah terbukti.

  • Eksplorasi mencakup hal-hal seperti pencarian, variasi, pengambilan risiko, eksperimen, fleksibilitas, penemuan atau inovasi,

  • Eksploitasi mencakup hal-hal seperti penyempurnaan, pilihan, produksi, efisiensi, seleksi, implementasi, dan eksekusi.

Perusahaan yang hanya fokus pada eksplorasi menghadapi risiko membuang sumber daya pada ide-ide yang mungkin tidak terbukti bermanfaat atau tidak pernah dikembangkan. Di sisi lain, perusahaan yang hanya berfokus pada eksploitasi hanya menerima kinerja dan produk berdasarkan status quo dan gagal mencapai tingkat keberhasilan yang optimal.

Referensi :

  • Duncan, R. (1976). The ambidextrous organization: Designing dual structures for innovation. Killman, R. H., L. R. Pondy, and D. Sleven (eds.) The Management of Organization. New York: North Holland. 167-188.
  • March, J. G. (1991). Exploration and exploitation in organizational learning. Organization Science, 2, 71-87.
  • Raisch, S., & Birkinshaw, J. (2008). Organizational ambidexterity: Antecedents, outcomes, and moderators. Journal of Management, 34, 375-409.