Apa yang dimaksud dengan aliran seni rupa Lowbrow ?

aliran lowbrow

Dalam seni rupa era 21 ada salah satu istilah jenis seni rupa yang menarik, yaitu lowbrow. Apa yang dimaksud dengan aliran seni rupa Lowbrow ?

Kemunculan istilah lowbrow art bermula di Los Angeles, California di dekade 1970-an , sebagai sebuah gerakan bawah tanah dan akar rumput seni rupa yang berasal dari sub-kultur seperti juga musik punk, komik bawah tanah dan lainnya. Sering disebut dengan pop-surealisme. Hampir semua karya-karyanya sering memiliki rasa humor yang ceria, kadang-kadang nakal, dengan komentar-komentar yang sinis. Lowbrow dianggap karya seni kelas rendah dan lawan dari highbrow, dimana sebagian praktisinya tidak mengenyam pendidikan resmi seni rupa. Karya -karya lowbrow sebagian besar adalah berbentuk lukisan, grafiti, mural, tetapi ada juga mainan (toys), seni digital, dan patung.

Diawali oleh beberapa seniman yang menguarkan apa yang kemudian dikenal sebagai seni kelas rendah (Lowbrow) adalah kartunis underground seperti Robert Williams dan Gary Panter. Karya-karya mereka dipamerkan di galeri alternatif di New York dan Los Angeles seperti Galeri Psychedelic Solution di Greenwich Village, New York yang dijalankan oleh Jacaeber Kastor, La Luz de Jesus yang dikelola oleh Billy Shire serta sebuah galeri di Hollywood , yang dikelola oleh John Pochna. Gerakan ini terus tumbuh pesat, dengan ratusan seniman yang mengikuti dan mengadopsi gaya ini. Karena jumlah praktisinya bertambah, kemudian muncul lagi sejumlah galeri yang juga ikut memamerkan karya-karya penting. Robert Williams kemudian menerbitkan majalah Juxtapoz pada tahun 1994, majalah ini kemudian menjadi acuan utama yang memicu tumbuhnya praktek seni ini lebih luas hingga ke Indonesia.

Lowbrow art adalah istilah yang menggambarkan sebuah seni visual “bawah tanah” atau jalanan yang berkembang di Los Angeles California di akhir era 1970 an. Seni Lowbrow menjadi gerakan seni popular yang meluas dengan model medium seperti komik, musik Punk, mainan (Toys). Istilah ini juga sering dikatakan dengan nama Pop Surrealisme.

Seni Lowbrow sering memiliki kesan antara humor dan kegembiraan, terkadang nakal dan liar, dan biasanya berisi ungkapan dan komentar kasar. Istilah ini pertama kali menjadi sajian utama di majalah juxtapoz, saat itu seniman/kartunis, Robert Williams membuat karya yang dikemas dalam satu rubrik dan diberi judul The Lowbrow Art of Robert Williams. Sejak saat itu istilah ini kemudian menjadi tipe seni.

Lowbrow digunakan oleh Robert Williams sebagai lawan dari Highbrow.

Lowbrow yang dijelaskan oleh Robert williams (2004), mengatakan bahwa lowbrow merupakan seni rendahan, gerakan seni bawah tanah, ketika itu dunia seni rupa didominasi oleh seni abstrak dan konseptual. Gerakan seni lowbrow selalu dikesampingkan dari pikiran-pikiran akademis yang konvensional, walau demikian karya-karya yang terlahir mampu menarik respon dikalangan anak muda. Lowbrow membangun sumber materi dan inspirasi dari beberapa pengaruh yang paling ilustratif, kaya warna, kontroversial, dan juga tradisi grafis. Pengaruh kuat ini muncul dari ilustrasi cerita, seni komik, science fiction, seni poster film, produksi film, animasi, seni punk rock, seni hotrod dan biker, grafis di skateboard, graffiti, tato, seni kelas tinggi, dan semuanya hanya dibubarkan dan diperlakukan dengan arogan oleh kebijakan seni „resmi’.

Gerakan seni ini mampu bertahan dan tumbuh dengan subur karena berhasil membangun medan sosialnya sendiri untuk menegaskan identitasnya melalui majalah juxtapoz yang penjualanya menempati urutan ketiga dari penjualan seluruh majalah di dunia.

Perjalanan gerakan seni lowbrow seakan menjadi berubah di tahun 90an ketika karya dari seniman pemberontak ini yang awalnya tidak diperhitungkan kini mampu diterima oleh publik seni secara luas. Lukisan-lukisan Robert Williams menciptakan sebuah sensasi di pameran bersejarah Helter Skelter di pameran temporer dan kontemporer MoCA pada tahun 1992. Pameran penting Kustom-Kulture memamerkan hasil karya Roth, Williams, dan Von Dutch serta karya dari penerus-penerus mereka. Pameran ini dibuka di museum seni Laguna Art Museum tahun 1993. Pameran ini dimeriahkan oleh orang-orang penting bersamaan dengan para seniman-seniman muda dan kolektor yang terinspirasi oleh warna -warna meriah dan kebrutalan dari karya yang dipamerkan. Sebuah majalah dwibulanan kemudian muncul dan menyebarkan foto karya-karya keseluruh penjuru negara, bahkan dunia. Robert Williams lalu muncul sebagai juru bicara yang berpendidikan dan dijuluki sebagai kepala dari pergerakan ini. (Larry Reid, 2004).

Berdasarkan pemaparan teori diatas dapat disimpulkan bahwa lowbrow awalnya sebuah gerakan seni rendahan, seni bawah tanah, yang banyak dipengaruhi oleh film kartun, komik, seni punk rock, tattoo, mainan (toys).

Karya yang dihadirkan menunjukan bentuk-bentuk yang aneh, warna meriah terkadang terkesan humor, kegembiraan, nakal dan liar serta ungkapan kasar. Gerakan ini mampu bertahan dan menunjukkan identitasnya walau harus terpinggirkan dan dihujani kritikan sinis oleh seni akademis yang termapankan, hingga pada akhirnya Lowbrow dapat diterima oleh dunia seni secara luas.

Berikut adalah contoh-contoh seni rupa aliran Lowbrow,

Mike Davis-The Bridge
Mike Davis-The Bridge

lowbrow

lowbrow

lowbrow

lowbrow