Apa yang dimaksud dengan alat musik melodis dan contoh alatnya?

Di Indonesia dan negara-negara lainnya terdapat berbagai macam alat musik yang dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan bunyi yang harmonis dan enak untuk didengar. Macam-macam alat musik jika dikelompokkan berdasarkan fungsinya terbagi menjadi tiga, yaitu alat musik melodis, ritmis dan harmonis.

Alat musik melodis adalah alat musik yang dapat membunyikan melodi dalam sebuah lantunan lagu namun pada umumnya tidak dapat memainkan kord sendirian. Artinya, alat musik ini dapat menghasilkan nada atau notasi seperti Do, Re, Mi, …dst yang dapat melengkapi bunyi-bunyian yang dihasilkan dari alat musik ritmis dan harmonis. Alat musik melodis juga dapat diartikan sebagai alat musik yang mempunyai irama atau nada. Biasanya fungsi dari alat musik melodis ini adalah untuk mengatur nada dalam sebuah lagu atau musik.

Ada banyak sekali jenis alat musik melodis yang dapat kita temukan saat ini, mulai dari yang sifatnya tradisional maupun yang modern. Namun, beragam jenis alat musik tersebut juga dapat digolongkan berdasarkan pada cara memainkannya. Berikut ini adalah beberapa cara memainkan alat musik melodis tersebut untuk Anda ketahui.

  1. Dipetik, contohnya seperti kecapi, mandolin, gitar, dan sasando.
  2. Ditiup, contohnya seperti seruling dan pianika.
  3. Ditekan, contohnya seperti akordion dan piano.
  4. Digoyang, contohnya seperti angklung.
  5. Digesek, contohnya seperti biola.
  6. Dihisap, contohnya seperti harmonika.